Komunikasi Pemasaran Sosial Gerakan Debris Free Friday (Studi Deskriptif Kualitatif pada Gili Eco Trust

Jazba Rushady, Luckya and Fitri H. Oktaviani, SS, SE, M.Commun, PhD (2023) Komunikasi Pemasaran Sosial Gerakan Debris Free Friday (Studi Deskriptif Kualitatif pada Gili Eco Trust. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Polusi sampah global merupakan permasalahan serius yang menuntut perhatian mendesak. Skripsi ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial Gerakan Debris Free Friday (DFF) yang digagas oleh Gili Eco Trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan informan kunci, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran DFF selaras dengan tiga prinsip komunikasi pemasaran sosial terpadu Alden, Basil, & Deshpande: 1) Konsistensi: Tagline "Plastic Free Paradise" dipromosikan secara konsisten pada seluruh saluran komunikasi. 2) Integrasi: Promosi terintegrasi dengan 3P (produk, harga, dan tempat) lainnya, dan 3) Uji coba dan penguatan: Fokus komunikasi tidak hanya pada penyediaan informasi terkait perubahan perilaku, tetapi juga menyediakan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba dan memperkuat perilaku baru. Penerapan prinsip determinisme resiprokal dalam Teori Kognitif Sosial mengungkapkan peran penting faktor lingkungan dalam strategi komunikasi Gerakan Debris Free Friday. Gili Eco Trust berupaya menormalisasi lingkungan dengan menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah agar memudahkan masyarakat mengadopsi perilaku berkelanjutan. Saran untuk penelitian lanjutan adalah melakukan analisis ketiga faktor dalam determinisme resiprokal: faktor personal, faktor lingkungan, dan perilaku.

English Abstract

The global waste pollution problem is a serious issue that requires urgent attention. This study analyzes the social marketing communication strategy of the Debris Free Friday movement. This study uses a qualitative approach with a descriptive study method. Data was collected through semi-structured interviews with key informants, participant observation, and documentation studies. The results of the study showed that the Debris Free Friday social marketing communication strategy is in line with the three principles of integrated social marketing communication by Alden, Basil, & Deshpande. These principles are: 1) Consistency: The tagline "Plastic Free Paradise" is consistently promoted in all communication channels. 2) Integration: Promotion is integrated with other 3Ps (product, price, and placement). 3) Trial and reinforcement: Communication focuses not only on providing information about behavior change, but also on providing opportunities for people to try new behaviors and reinforce those behaviors. In addition, the application of the reciprocal determinism principle in Social Cognitive Theory shows that environmental factors play an important role in the social marketing communication strategy of the Debris Free Friday Movement. Gili Eco Trust strives to normalize the environment by providing waste management facilities and infrastructure to make it easier for people to adopt sustainable behaviors. The study suggests that future research should analyze the three factors in reciprocal determinism, namely: personal factors, environmental factors, and behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Sosial, Pemasaran Sosial Strategis, Komunikasi Pemasaran Sosial Terpadu, Teori Kognitif Sosial, Determinisme Resiprokal, Social Marketing Communication, Strategic Social Marketing, Integrated Social Marketing Communication, Social Cognitive Theory, Reciprocal Determinism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:49
Last Modified: 26 Jan 2024 00:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213837
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Luckya Jazba Rushady.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item