Analisis Kesalahan Penggunaan Verba Miru pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang.

Khalifman, Rizky, Rafa and Dr. Sri Aju Indrowaty, S.Pd., M.Pd., (2022) Analisis Kesalahan Penggunaan Verba Miru pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu dari 10 kelas kata yang terdapat dalam bahasa jepang adalah kelas kata verba. Dalam kelas kata verba, banyak sekali kata memiliki makna yang mirip, tetapi memiliki penggunaan yang berbeda. Hal ini membuat pemelajar bahasa jepang cenderung melakukan kesalahan karena tidak mengetahui makna dan fungsi berbagai verba tersebut dengan tepat. Salah satunya adalah dalam penggunaan verba (見る), (観る), (視る), (診る) dan (看る). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan verba miru yang sering dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tingkat IV dan faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data primer berasal dari kesalahan penggunaan verba miru dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 54 orang dari total populasi sebesar 117 orang. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan tertinggi terdapat pada penggunaan verba miru (視る) sebesar 76% dan verba miru (観る) sebesar 74%. Penyebab utama kesalahan adalah penerapan kaidah yang tidak sempurna dan overgeneralization.

Other obstract

日本語の品詞には10種類があって、 その一つは動詞である。動詞では似 ている意味を持っている動詞がたくさんあります。 意味は似ていても、使 い方が違います。 そのため、 日本語の学習者が正しく使い方および意味が 理解できなく、誤用されやすいである。 その一つは「見る」 、 「観る」、 「視る」、「診る」 および「看る」 の使い方はよく誤用されている動詞で ある。 本研究の問題は、ブラウィジャヤ大学の四年生の学生が間違えた動 詞「みる」の使用の誤用および誤用の原因である。 この研究は定量的手法 と記述的アプローチを使われます。データは動詞「みる」 の誤用のもので あり、テストおよびアンケートを利用されます。 回答者はブラウィジャヤ 大学の四年生の学生の54人である。 研究の結果に基づいて、最高の誤用 は動詞「視る」の使用は 76%。さらに、 動詞「観る」の誤用は 74%であ る。 誤用の要因は過剰般化と応用ルールが不完全である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Bahasa, Verba, Sinonim.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:23
Last Modified: 25 Jan 2024 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213809
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rafa Khalifman Rizky.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item