Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia dengan Metode Human Resources Scorecard (HRSC) (Studi Pada Perum Bulog Kantor Cabang Bojonegoro, Jawa Timur)

Ashar, Fachrully Raffidhiya and Prof. Dr. Ir. Endah Rahayu Lestari, MS and Linggar Rucitra, STP, MP (2023) Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia dengan Metode Human Resources Scorecard (HRSC) (Studi Pada Perum Bulog Kantor Cabang Bojonegoro, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis pada era saat ini makin kompetitif, hal tersebut merupakan bentuk indikasi adanya momentum pemulihan ekonomi di Indonesia pascapandemi. Transformasi ini mengharuskan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi perusahaan secara komprehensif. Salah satu aspek yang memiliki peran fundamental dalam peningkatan kinerja perusahaan yakni Sumber Daya Manusia (SDM). Perum Bulog Kantor Cabang Bojonegoro merupakan cabang Perum Bulog Wilayah Jawa Timur yang berfokus pada bidang logistik pangan. Kendala dari perusahaan tersebut yakni dalam pengukuran kinerjanya hanya berorientasi pada target yang telah dicapai oleh tiap individu. Dengan demikian, diperlukan model pengukuran kinerja SDM yang menghubungkan SDM dengan strategi perusahaan menggunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC) yang mengaitkan SDM dengan strategi perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur dan menganalisis pencapaian kinerja SDM dengan HRSC serta memberikan usulan perbaikan pada indikator yang tidak mencapai target. Penelitian ini menggunakan metode HRSC yang diintegrasikan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Scoring System. Luaran dari metode HRSC yakni menghasilkan indikator kunci kinerja (KPI) yang kemudian diberi bobot menggunakan metode AHP. Hasil pengukuran selanjutnya dilakukan menggunakan scoring system dan Traffic Light System (TLS) untuk mengetahui pencapaian kinerja yang belum mencapai target sehingga dapat diberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kinerja SDM pada perusahaan. Hasil penelitian diperoleh nilai KPI pada indikator hijau sebesar 75%, sedangkan pada indikator kuning sebesar 12,5% dan indikator merah sebesar 12,5%. KPI yang berada pada indikator hijau yakni Return on Capital Employed (ROCE), penyerapan anggaran SDM, employee turnover rate, employee retention rate, persentase pertemuan rapat, dan tingkat kehadiran karyawan. KPI yang berada pada indikator kuning yakni KPI tingkat pelatihan karyawan dan untuk indikator merah yakni KPI employee gathering. Dengan demikian, diperlukan adanya perbaikan untuk KPI yang berada pada indikator kuning dan merah tersebut agar kinerja SDM perusahaan dapat optimal. Hasil kinerja SDM diperoleh nilai skor 86% dengan kinerja SDM pada kriteria yang unggul. Usulan perbaikan pada KPI tingkat pelatihan karyawan yakni menyarankan karyawan untuk mengikuti pelatihan di luar perusahaan dan melakukan pencatatan untuk karyawan yang belum melakukan pelatihan, sedangkan pada KPI employee gathering yaitu mengadakan gathering secara sederhana, mengadakan kegiatan gathering pada saat hari libur ataupun cuti bersama, dan dapat membentuk kepanitiaan. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni dapat disesuaikan dengan strategi perusahaan dalam menentukan KPI agar KPI yang digunakan dapat lebih terperinci sehingga penilaian kinerja SDM lebih akurat dan hasil yang diperoleh dapat lebih baik.

English Abstract

Business competition in the current era is increasingly competitive, this is an indication of the momentum of economic recovery in Indonesia after the pandemic. This transformation requires companies to improve company competencies comprehensively. One aspect that has a fundamental role in improving company performance is Human Resources (HR). Perum Bulog Bojonegoro Branch Office is a branch of Perum Bulog for the East Java Region which focuses on the field of food logistics. The problem with this company is that its performance measurement is only oriented towards the targets that have been achieved by each individual. Thus, an HR performance measurement model is needed that links HR with company strategy using the Human Resources Scorecard (HRSC) method which links HR with company strategy. The aim of this research is to measure and analyze HR performance achievements with HRSC and provide suggestions for improvements to indicators that do not reach targets. This research uses the HRSC method which is integrated with the Analytical Hierarchy Process (AHP) and Scoring System. The output of the HRSC method is to produce key performance indicators (KPI) which are then weighted using the AHP method. The measurement results are then carried out using a scoring system and Traffic Light System (TLS) to determine performance achievements that have not reached the target so that recommendations for improvement can be provided to improve HR performance in the company. The research results showed that the KPI value for the green indicator was 75%, while for the yellow indicator it was 12.5% and the red indicator was 12.5%. KPIs that are in the green indicator are Return on Capital Employed (ROCE), HR budget absorption, employee turnover rate, employee retention rate, percentage of meeting meetings, and employee attendance rate. The KPI in the yellow indicator is the KPI employee training level and the red indicator is the KPI employee gathering. Thus, improvements are needed for the KPIs in the yellow and red indicators so that the company's HR performance can be optimal. The results of HR performance obtained a score of 86% with HR performance on superior criteria. Proposed improvements to the employee training level KPI include advising employees to take part in training outside the company and keeping records for employees who have not yet undertaken training, while the employee gathering KPI includes holding simple gatherings, holding gathering activities during holidays or collective leave, and can form a committee. Suggestions for further research are that it can be adjusted to the company's strategy in determining KPIs so that the KPIs used can be more detailed so that HR performance assessments are more accurate and the results obtained can be better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Human Resources Scorecard, Key Performance Indicator, Pengukuran Kinerja-Analytical Hierarchy Process, Human Resources Scorecard, Key Performance Indicator, Performance Measurement
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:40
Last Modified: 30 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213593
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fachrully Raffidhiya Ashar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item