Disparitas Pemidanaan Dalam Putusan Hakim Terhadap Tindak Pidana Percobaan Pemerkosaan Di Pengadilan Negeri Sumenep (Studi Putusan Nomor 215/Pid.B/2021/Pn Smp Dan Putusan Nomor 68/Pid.B/2021/Pn Smp)

Febriani Diannisa, Afrida and Dr. Fizin Sulistio, S.H., LL.M, Solehuddin, S.H., M.H. (2023) Disparitas Pemidanaan Dalam Putusan Hakim Terhadap Tindak Pidana Percobaan Pemerkosaan Di Pengadilan Negeri Sumenep (Studi Putusan Nomor 215/Pid.B/2021/Pn Smp Dan Putusan Nomor 68/Pid.B/2021/Pn Smp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Percobaan pemerkosaan merupakan percobaan tindak pidana yang secara sengaja dan dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang wanita bersetubuh di luar perkawinan dan dapat diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun penjara sebagaimana telah diatur pada Pasal 285 KUHP, sedangkan untuk percobaan tindak pidana tercantum dalam Pasal 53 KUHP. Dalam memutus perkara ini, Hakim diberikan kebebasan untuk menjatuhkan pidana terhadap terdakwa. Dalam memutus perkara di Pengadilan, adakalanya terdapat suatu perbedaan putusan pemidanaan yang biasa disebut dengan istilah disparitas. Disparitas merupakan penerapan pidana yang tidak sama terhadap perbuatan tindak pidana yang sejenis. Adapun penulis mengambil dua contoh kasus yang sudah diputus oleh pengadilan yang hasil putusannya berbeda akan tetapi dengan kasus dan tuntutan yang sama. Dua kasus yang akan dibahas adalah putusan No 215/Pid.B/2021/Pn. Smp dan Putusan No 68/Pid.B.2021/Pn.Smp. Dimana dari kedua putusan tersebut meskipun di wilayah hukum yang sama, akan tetapi putusan pidana keduanya berbeda. Perbedaan tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin, karena kembali lagi dengan keputusan Hakim yang dalam memutus suatu perkara perlu mempertimbangkan faktor- faktor yuridis maupun non yuridis nya. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, penelitian ini memiliki dua tujuan yakni (1) Mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan adanya perbedaan putusan pemidanaan oleh Hakim terhadap kasus pidana yang sama dan di wilayah hukum yang sama juga, (2) Menjelaskan apakah adanya disparitas pidana ini sudah sesuai dengan asas keadilan yang ada dalam hukum. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yuridis normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan ( statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Teknik analisis yang digunakan adalah bersifat kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah analisis terkait dengan disparitas pemindanaan terhadap putusan hakim dalam percobaan tindak pidana pemerkosaan, bahwa adanya perbedaan tersebut tidak semata-mata karena kebebasan Hakim dalam memutus akan tetapi karena adanya pertimbangan yang dipakai untuk memutus suatu perkara. Adapun terkait dengan asas keadilan banyak para ahli yang berpendapat soal disparitas yang sudah mencerminkan keadilan, akan tetapi ada juga yang berbeda pendapat dengan hal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa disparitas pidana terkait percobaan tindak pidana pemerkosaan ini perlu diberikan pedoman pemberian pidana yang memberikan kemungkinan bagi hakim untuk memperhitungkan semua tahapan-tahapan serta pertimbangan-pertimbangan yuridis maupun non yuridis untuk memutuskan berat ringannya suatu hukuman bagi terdakwa agar tercipta rasa keadilan bagi semua pihak.

English Abstract

Attempted is an attempted criminal act that intentionally and with violance or threats of violance forces a woman to have intercourse outside of marriage and can be punished with a maximum imprisonment of twelve years in prison as stipulated in Article 285 of the Criminal Code, while for attempted crimes its is stated in Article 53 of the Criminal Code. In deciding this case, the judge is given the freedom to impose a sentence on the defendant. In decidding cases inn court, sometimes there is a difference in sentencing decisions which is commonly referred to as disparity. Disparity is the application of punisment that is not the same for similar criminal acts. The author takes two examples of cases that have been decided by courts where the results of the dicision are different but with the same cases and demands. The two cases that will be discussed are decision No 215/Pid.B/2021/Pn. SMP and decision No 68/Pid.B/2021/PN. SMP. Where from the two dicisions even thought they are in the same jurisdiction, the two criminal decisions are different. This difference is not impossible, because it returns to the Judge’s decision which in deciding a case needs to consider both juridical and non-juridical factors. Based on the background that has been described, this study has two objectives, namely (1) To find out what things can lead to differences in sentencing decisions by judges for the same criminal case and in the same jurisdicition, (2) To explain whether there is This criminal disparity is in accordance with the principae of justice in law. The type of research conducted is normative juridical research using statutory approaches and case approaches. The analysis technique used is qualitative in nature which is presented descriptively. The result of this study is an analysis related to the disparity in sentencing towards judge’s decisions in attempted rape crimes, that these differences are not solely due to the judge’s freedom in deciding but because of the considerations used to decide a case. As for the principle of the justice, many experts are the opinion that disparities already reflect justice, but there are also those who have different opinions on this matter. Based pn the results of this research, the authors conclude that the disparity in crime related to the attempted rape crime needs to be given guidelines for awarding sentences that provide the possibility for judges to take into account all stages as well as juridical and non-juridical considerations to decide on the severity of sentences for the accused in order to create a sense of justice for all parties

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:19
Last Modified: 24 Jan 2024 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213363
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AFRIDA FEBRIANI DIANNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item