Perilaku Konsumtif Penggemar Vtuber NIJISANJI dalam Komunitas Tamvanluna Hub

Aurelia, Chessa and Ni Made Savitri Paramita, M.A. (2022) Perilaku Konsumtif Penggemar Vtuber NIJISANJI dalam Komunitas Tamvanluna Hub. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan kemajuan teknologi, platform untuk mendapatkan hiburan dan informasi semakin bermacam-macam. Salah satu platform ini adalah YouTube. Tidak hanya sebagai platform untuk hiburan, YouTube menyediakan lahan untuk pekerjaan. Vtuber adalah pekerjaan di mana seorang vtuber melakukan livestream dan mengunggah konten di YouTube dengan menggunakan persona anime atau sebagai karakter anime. Vtuber juga memiliki agensi yang dapat mendukung kerja mereka, salah satunya adalah NIJISANJI. Sebagai sebuah pekerjaan, vtuber juga menjual barang-barang, seperti merchandise dan goods (seperti pin, poster, gantungan kunci) untuk penggemar mereka, yang rela untuk membeli barang-barang ini meskipun kegunaan barang-barang ini tidak begitu tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk perilaku konsumtif penggemar vtuber NIJISANJI yang tergabung di dalam server Discord Tamvanluna Hub terhadap vtuber NIJISANJI. Penelitian ini menggunakan teori konsumsi Jean Baudrillard yang menjelaskan bahwa masyarakat modern melakukan konsumsi untuk nilai tanda dan bukan nilai guna barang tersebut. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada server Discord Tamvanluna Hub dan melakukan observasi dengan menonton livestream vtuber NIJISANJI dan masuk ke dalam server Discord Tamvanluna Hub. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa responden anggota server Discord Tamvanluna Hub melakukan perilaku konsumtif dan mengonsumsi untuk nilai tanda dan bukan nilai guna merchandise dan goods vtuber NIJISANJI. Mereka mengonsumsi barang-barang ini bukan untuk karena kegunaan barang-barang tersebut. Dengan membeli merchandise, berlangganan membership di platform YouTube, dan memberikan donasi kepada vtuber NIJISANJI responden dapat memberikan dukungan untuk vtuber NIJISANJI yang mereka sukai. Tidak hanya itu, perilaku konsumtif ini memberikan mereka rasa kesenangan dan kepuasan tersendiri.

Other obstract

技術の進歩に伴い、情報やエンターテインメントを提供するプラットフォームも増えている。これらのプラットフォームの1つはYouTubeである。 YouTubeは情報や娯楽を提供するだけでなく、一部の人々の仕事としても機能する。 Vtuberは、アニメのアバターをペルソナとして使用しながら、誰かがYouTubeにコンテンツ(主に娯楽目的)をアップロードする仕事である。 Vtuberには、彼らの仕事をサポートできる代理店もある。その1つがNIJISANJI。仕事として、vtuberはグッズ(バッジ、ポスター、キーホルダーなど)をファンに販売する。ファンは、これらの商品は比較的役に立たないものの、喜んで購入する。本研究は、タンバンルナハブの不和サーバーのメンバーであるNIJISANJI vtuberのファンによって行われる消費行動について詳しく知るために行われる。 本研究は、現代社会がアイテムの使用価値ではなく記号価値のために消費することを説明するジャン・ボードリヤールの消費理論を使用している。本研究のデータ収集手法は、タンバンルナハブ不和サーバーでアンケートを配布し、NIJISANJI vtuberのライブストリームを観察し、タンバンルナハブのDiscordサーバーに参加することによって行われる。 本研究の結果は、タンバンルナハブのDiscordサーバーのメンバーである回答者は、NIJISANJI vtuberグッズの使用価値ではなく、サイン値に対して消費的な行動をとっている。彼らはこれらの商品を使用するためではなく、これらの商品のサインまたはシンボルのためにこれらの商品を消費する。商品を購入し、YouTubeプラットフォームのメンバーシップに登録し、にじさんじのvtuberに寄付することで、回答者は好きなにじさんじのvtuberをサポートできる。この消費的な行動はまた、ファンに満足感と喜びを与える。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Uncontrolled Keywords: komunitas, konsumsi, perilaku konsumtif, vtuber
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:29
Last Modified: 29 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213308
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chessa Aurelia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item