Realisasi Kesantunan Berbahasa pada Tindak Tutur Perintah Bahasa Jepang oleh Atasan kepada Bawahan dalam Drama Jimi ni Sugoi (Tinjauan Sosiopragmatik)

Azizah, Amira Halfa and Eka Marthanty Indah Lestari, S.S., M.Si. (2022) Realisasi Kesantunan Berbahasa pada Tindak Tutur Perintah Bahasa Jepang oleh Atasan kepada Bawahan dalam Drama Jimi ni Sugoi (Tinjauan Sosiopragmatik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perintah adalah tindakan yang meminta lawan tutur agar melakukan apapun yang telah diujarkan oleh penutur. Perintah yang diberikan oleh penutur ini dapat mengancam muka atau Face Treathening Action (FTA) lawan tutur yang dapat dinetralisasikan menggunakan strategi kesantunan. Masyarakat Jepang diatur dalam hierarki sosial yang berbentuk vertikal (tateshakai). Salah satu wujudnya adalah hubungan antara atasan dan bawahan yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini. Analisis menggunakan teori bentuk tindak tutur direktif oleh Takahashi dan teori strategi kesantunan oleh Brown dan Levinson untuk menganalisis kesantunan perintah yang digunakan oleh atasan kepada bawahan dalam drama Jimi ni Sugoi, dengan mengaitkannya dalam keadaan sosiopragmatik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan hasil penelitan ditemukan sebanyak 55 data tindak tutur perintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang atasan memperhatikan kesantunan dalam berbahasa. Hal itu ditunjukkan dengan ditemukannya 7 data menggunakan strategi kesantunan positif dan 16 data menggunakan strategi kesantunan negatif. Strategi kesantunan digunakan ketika perintah yang diujarkan oleh atasan melukai harga diri dan memberikan beban kepada bawahannya. Selebihnya tindak tutur yang digunakan paling banyak berbentuk langsung tanpa stategi dengan 30 data dan berbentuk implisit dengan strategi tersamar sebanyak 2 data.

Other obstract

命令は、話し手が言ったことを何でもするように対話者に求めるアクションである。この話し手によって与えられた命令は、対話者の顔または脅迫的な行動(FTA)を脅かす可能性があり、丁寧さのストラテジーを使用し、中和することができる。日本の社会は、垂直的な社会階層(縦社会)で構成されている。一つの例は、この研究の範囲で上司と部下の関係である。分析する時は高橋による指示言語行為形式理論とブラウン、レビンソンによる丁寧さのストラテジーの理論を使い、ドラマ『じみにすごい』で上司が部下に使う命令の丁寧さを分析し、社会語用論の条件に関係づけた。 本研究では定性的な記述という研究方法で分析し、研究結果として、言語行為命令の55データが見つかった。研究の結果は、上司の言語の丁寧さのストラテジーに注意している。これは、ポジティブな丁寧さのストラテジーを使用したデータが7つあり、ネガティブな丁寧さのストラテジーを使用したデータが16見つかった。上司からの命令が部下の自尊心を傷つけ、負担をかける場合、丁寧さのストラテジーが使用されている。他には、使用される命令は、30のデータがストラテジーなしの直接的な言語行為である。そして、2の暗黙的なストラテジーと暗黙的な形式の言語行為のデータがあった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Uncontrolled Keywords: sosiopragmatik, perintah, strategi kesantunan.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:24
Last Modified: 25 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213180
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amira Halfa Azizah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item