ANALISIS YURIDIS PEMBENTUKAN DANA KOMPENSASI KERUGIAN INVESTOR MELALUI PENDEKATAN NET PROFIT DAN LEGITIMATE EXPENSES DALAM SKEMA DISGORGEMENT

Shafiya Nurasanti, Hamid and Moch. Zairul Alam,, S.H., M.H (2020) ANALISIS YURIDIS PEMBENTUKAN DANA KOMPENSASI KERUGIAN INVESTOR MELALUI PENDEKATAN NET PROFIT DAN LEGITIMATE EXPENSES DALAM SKEMA DISGORGEMENT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan pada kelemahan pengaturan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 65/POJK.04.2020 tentang Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dan Dana Kompensasi Kerugian Investor di Bidang Pasar Modal yang tersebar di beberapa pasal berkaitan dengan mekanisme pembentukan dana kompensasi kerugian investor terlebih berkaitan dengan tidak dimilikinya metode penghitungan pengenaan pengembalian keuntungan tidak sah oleh OJK. Serta bentuk solusi yang ditawarkan berupa pengadopsian metode penghitungan melalui pendekatan Net Profit dan Legitimate Expenses yang muncul melalui Putusan oleh Supreme Court Amerika Serikat dalam Kasus antara Charles Liu melawan SEC. Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana kelemahan pengaturan dalam Peraturan OJK Nomor 65/POJK.04/2019 tentang Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dan Dana Kompensasi Kerugian Investor terkait dengan mekanisme pengajuan klaim oleh investor dalam proses pembentukan dana kompensasi kerugian investor oleh Otoritas Jasa Keuangan? (2) Bagaimana analisis pendekatan Net Profit dan Legitimate Expenses terhadap mekanisme pengajuan klaim oleh investor dalam pembentukan dana kompensasi kerugian investor oleh Otoritas Jasa Keuangan? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conseptual approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal, penafsiran sistematis dan penafsiran komparatif. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengaturan dalam POJK Nomor 65/POJK.04/2020 memiliki kelemahan diantaranya berkaitan dengan beberapa ketidakjelasan substansi diantaranya terkait tidak jelasnya kriteria investor yang berhak mengajukan klaim pengembalian keuntungan tidak sah, ketidakjelasan mekanisme penghitungan kerugian riil dan metode penghitungan pengenaan pengembalian keuntungan tidak sah. Berdasarkan kelemahan tersebut, penulis mengajukan metode penghitungan menggunakan pendekatan Net Profit dan Legitimate Expenses dengan mempertimbangkan pendapatan bersih dari pelaku kejahatan serta menggolongkan pengeluaran apa saja yang memiliki keabsahan hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:49
Last Modified: 22 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213119
[thumbnail of Dalam Masa Embargo] Text (Dalam Masa Embargo)
shafiya nurasanti hamid.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item