Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM Dessert Box (Studi Kasus: Shoutout Treats)

Permata Hari Putri, Yovinta and Ir. Raditya Ardianwiliandri,, ST., MMT., (2022) Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM Dessert Box (Studi Kasus: Shoutout Treats). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RINGKASAN Yovinta Permata Hari Putri, Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Juli 2022, Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM Dessert Box (Studi Kasus: Shoutout Treats), Dosen Pembimbing: Ir. Raditya Ardianwiliandri, ST., MMT. Shoutout Treats merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang F&B, khususnya dessert. Shoutout Treats mulai beroperasi pada awal pandemi, tepatnya pada Mei 2020 dan berlokasi di Kota Malang. Owner Shoutout Treats menemukan adanya tren fluktuatif pada pendapatan Shoutout Treats per bulan dengan rata-rata pendapatan per bulan yang belum memenuhi target. Salah satu usaha yang dilakukan oleh Shoutout Treats adalah melakukan pendekatan marketing mix (product, price, promotion, dan place) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Hasil dari analisis ini akan digunakan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki dan mengembangkan bisnis Shoutout Treats. Pada penelitian ini dilakukan analisis STP untuk mengetahui profil konsumen dan menetapkan target serta segmen pasar yang akan dituju oleh Shoutout Treats. Selanjutnya, dilakukan identifikasi faktor marketing mix yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian (purchase decision) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Terdapat 14 indikator marketing mix yang diukur melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden. Hasil dari analisis STP yang dilakukan menunjukkan bahwa 74% pelanggan Shoutout Treats berada di area Malang Raya. Sebagian besar konsumen dari Shoutout Treats adalah wanita berusia 17 hingga 35 tahun dengan profesi mahasiswa atau karyawan. Sebanyak 72% responden memperhatikan kualitas makanan dengan mendapatkan informasi mengenai makanan tersebut melalui akun sosial media. Analisis kedua yang dilakukan adalah membentuk model Regresi Linear antara marketing mix dengan keputusan pembelian dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan. Hasil dari Analisis Regresi Linear ini digunakan untuk menentukan indikator kekuatan Shoutout Treats yang harus dipertahankan dan indikator kelemahan Shoutout Treats yang dapat diperbaiki. Hasil dari analisis hubungan antara marketing mix dengan keputusan pembelian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang berpengaruh signifikan secara berurutan yaitu place, promotion, dan price. Sedangkan untuk aspek product tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi model ini menunjukkan angka 38,4% yang mengindikasikan adanya faktor lain di luar model yang mempengaruhi keputusan pembelian. Sementara hasil hubungan antara keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 61%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% perubahan aspek kepuasan pelanggan dijelaskan oleh keputusan pembelian. Dari hasil analisis STP dan Regresi Linear yang telah dilakukan, indikator yang menjadi kekuatan Shoutout Treats adalah product quality, payment method, social media advertisement, dan store location. Sementara untuk indikator yang harus diperbaiki adalah social media testimony dan sales promotion. Rekomendasi strategi pemasaran yang dapat diberikan kepada Shoutout Treats adalah melakukan campaign terjadwal secara rutin, melakukan promosi melalui endorsement, dan memperbarui informasi terkini terkait testimoni di akun sosial media. Kata Kunci: Analisis Regresi Linear, Analisis STP, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Marketing Mix

English Abstract

SUMMARY Yovinta Permata Hari Putri, Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Brawijaya, July 2022, Analysis of the Effect of Marketing Mix on Purchase Decision and Customer Satisfaction on MSME Dessert Box (Case Study: Shoutout Treats), Academic Advisor: Ir. Raditya Ardianwiliandri, ST., MMT. Shoutout Treats is one of the businesses engaged in the F&B sector, especially desserts. Shoutout Treats started operating at the beginning of the pandemic, precisely in May 2020 and is located in Malang City. Shoutout Treats owner found a fluctuating trend in Shoutout Treats income per month with the average monthly income did not meet the target. One of the efforts made by Shoutout Treats is to approach the marketing mix (product, price, promotion, and place) to determine its effect on purchasing decisions and customer satisfaction. The results of this analysis will be used as a consideration to improve and develop the Shoutout Treats business. In this study, STP analysis was carried out to determine consumer profiles and set targets and market segments to be addressed by Shoutout Treats. After that, writer identifies marketing mix factors that affect purchasing decisions and customer satisfaction. There are 14 marketing mix indicators measured through a questionnaire filled out by 100 respondents. The results of the STP analysis conducted showed that 74% of Shoutout Treats customers were in the Greater Malang area. Most of the costumers of Shoutout Treats are women aged 17 to 35 years with a profession as a student or an employee. As many as 72% of respondents pay attention to the quality of food before they buy it and getting information about the food through social media accounts. The second analysis is to form a Linear Regression model between the marketing mix and purchasing decisions and purchasing decisions on customer satisfaction. The results of this Linear Regression Analysis are used to determine indicators of the strength of Shoutout Treats that must be maintained and indicators of weaknesses of Shoutout Treats that can be improved. The analysis of the relationship between the marketing mix and purchasing decisions shows that three factors have a significant influence (place, promotion, and price). Meanwhile, the product aspect has no significant effect on purchasing decisions. The value of the coefficient of determination of this model shows the number 38.4% which indicates other factors outside the model that influence purchasing decisions. At the same time, the results of the relationship between purchasing decisions and customer satisfaction show a significant effect with a coefficient of determination of 61%. This indicates that more than 50% of changes in customer satisfaction are explained by purchasing decisions. From the results of the STP analysis and Linear Regression analysis that have been carried out, the indicators that become the strengths of Shoutout Treats are product quality, payment methods, social media advertisements, and store locations. Meanwhile, indicators that need to be improved are social media testimonials and sales promotions. The recommended marketing strategy that can be given to Shoutout Treats is to carry out regularly scheduled campaigns and promote through the latest promotions related to testimonials on social media accounts. Keywords: Customer Satisfaction, Linear Regression Analysis, Marketing Mix, Purchase Decision, STP Analysis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Analisis Regresi Linear, Analisis STP, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Marketing Mix
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:37
Last Modified: 22 Jan 2024 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213016
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yovinta Permata Hari Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item