Implementasi Program Sistem Adminitrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (SAKTI) dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri

Putri, Melisa Hana Trifani and Imam Hanafi, DR., M.SI., MS. and Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP. (2023) Implementasi Program Sistem Adminitrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (SAKTI) dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disebut dengan E-Government menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik untuk mendukung kebijakan pemerintahan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Dalam era demokrasi sangat penting bagi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih berkualitas, transparansi serta lebih efektif dan efisien. Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri mengeluarkan sebuah program atau aplikasi online yaitu Program SAKTI yang disahkan pada tahun 2016 dan dilaksanakan pada tahun 2017. Upaya tersebut diatur dalam Peraturan Walikota Kediri Nomor 36 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 7 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan dua fokus penelitian yaitu: (1) Implementasi program SAKTI dalam meningkatkan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri dan (2) Faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi program SAKTI. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Milles, Huberman dan Saldana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program SAKTI pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri berdasarkan indikator implementasi program yang dikemukakan oleh David C Korten adalah program SAKTI memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat dalam bidang Administrasi Kependudukan kepada masyarakat. Namun dalam penerapan program SAKTI memiliki permasalahan yang perlu ditinjau kembali terkait masih banyaknya masyarakat Kota Kediri yang kurang paham mengenai penggunaan internet serta masyarakat yang masih belum terbiasa dengan kepengurusan dokumen Adminsitrasi Kependudukan berbasis sistem online yang menyebabkan penggunaan program SAKTI tidak dapat berjalan secara optimal dan maksimal. Sehingga masih banyaknya masyarakat yang memilih datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri untuk melakukan kepengurusan dokumen Administrasi Kependudukan.

English Abstract

Utilization of Information and Communication Technology or what is called E-Government is one of the efforts made by the government to improve public services to support government policies by utilizing technological developments. In the era of democracy it is very important for the government to improve services to the public that are of higher quality, transparency and are more effective and efficient. The City Government of Kediri through the Kediri City Population and Civil Registry Service issued an online program or application, namely the SAKTI Program which was ratified in 2016 and implemented in 2017. This effort is regulated in the Mayor of Kediri Regulation Number 36 of 2016 concerning Implementation of the Regional Regulation of the City of Kediri Number 7 2015 concerning the Implementation of Population Administration Services. The type of research used by researchers is a descriptive method with a qualitative approach with two research focuses, namely: (1) Implementation of the SAKTI program in improving public services at the Kediri City Population and Civil Registration Service and (2) Supporting factors and inhibiting factors for the implementation of the SAKTI program. This study uses data analysis methods Milles, Huberman and Saldana. The results of this study indicate that the implementation of the SAKTI program at the Kediri City Population and Civil Registration Service based on the program implementation indicators put forward by David C Korten is that the SAKTI program provides fast, precise and accurate services in the field of Population Administration to the public. However, in the implementation of the SAKTI program there are problems that need to be reviewed related to the fact that there are still many people in Kediri City who do not understand about internet use and people who are still not used to managing Population Administration documents based on the online system which causes the use of the SAKTI program to not run optimally and optimally. So that there are still many people who choose to come directly to the Office of Population and Civil Registration of the City of Kediri to manage Population Administration documents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030882
Uncontrolled Keywords: E-Goverment, SAKTI, Pelayanan Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:53
Last Modified: 25 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212956
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Melisa Hana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item