Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kawasan Wisara Hutan Mangrove Tanjung Batu

Putra, Dio Aditya Ardhindra and Wawargita Permata Wijayanti, ST.,MT. and Aris Subagiyo, ST., MT. (2022) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kawasan Wisara Hutan Mangrove Tanjung Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hutan mangrove yang terletak di Tanjung Batu ini adalah bagian dari sebaran alami hutan mangrove di wilayah pesisir Kabupaten Berau. Secara geografis, kawasan hutan mangrove tersebut berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di daratan utama Kalimantan yang menjadi gerbang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata yang sudah terkenal di Kepulauan Derawan. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya peningkatan kualitas pelayanan di Kawasan Wisata Hutan Mangrove yang ditinjau dari 5 (lima) aspek yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Tangible (berwujud), Emphaty (empati), dan Responsiveness (ketanggapan). Hasil skor persepsi pengunjung dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mendapatkan nilai tingkat kinerja dan kepentingan dan analisis Quality Function Deployment (QFD) untuk menggambarkan proses penyusunan rekomendasi dan penentuan prioritas perbaikan indikator. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat 18 variabel yang pelayanannya harus ditingkatkan, adapun rekomendasi yang upaya perbaikan pelayanan yang dihasilkan dari prioritas sebanyak 20 atribut respon teknis dengan prioritas pertama yaitu menambahkan tempat sampah dibeberapa titik dengan prioritas penanganan sebesar penambahan dan perbaikan tempat sampah.

English Abstract

This mangrove forest located in Tanjung Batu is part of the natural distribution of mangrove forests in the coastal area of Berau Regency. Geographically, the mangrove forest area is in a very strategic location, namely on the mainland of Kalimantan which is a gateway for tourists who want to visit the well-known tourist attractions in the Derawan Islands. The purpose of this study is to compile recommendations for efforts to improve service quality in the Mangrove Forest Tourism Area in terms of 5 (five) aspects, namely Reliability (reliability), Assurance (guarantee), Tangible (tangible), Emphati (empathy), and Responsiveness (responsiveness). . The results of the visitor perception scores were analyzed by Importance Performance Analysis (IPA) to get the value of the level of performance and importance and Quality Function Deployment (QFD) analysis to describe the process of preparing recommendations and determining priorities for improvement indicators. The results of the IPA analysis show that there are 18 variables whose services must be improved, while the recommendations for service improvement efforts resulting from the priority are 20 technical response attributes with the first priority, namely adding trash cans at several points with priority handling of adding and repairing trash cans

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052207
Uncontrolled Keywords: Importance Performance Analysis, Quality Function Deployment
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:49
Last Modified: 25 Jan 2024 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212921
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dio Aditya Ardhindra Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item