Analisis Stakeholder Pada Revitalisasi Pasar Rakyat Dalam Upaya Mendukung Percepatan Pemulihan Perekonomian (Studi Kasus Pada Pasar Kasin, Kota Malang),

Tirani,, Yuniawati Anti and Wike,, S.Sos., M.Si., DPA and I Gede Eko Putra Sri Sentanu,, S.AP., M.AP., Ph.D. (2023) Analisis Stakeholder Pada Revitalisasi Pasar Rakyat Dalam Upaya Mendukung Percepatan Pemulihan Perekonomian (Studi Kasus Pada Pasar Kasin, Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Kasin merupakan salah satu dari 0,37% pasar rakyat di Indonesia yang berhasil meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI tersebut diraih pasca dilakukannya revitalisasi pasar dalam upaya mendukung percepatan pemulihan perekonomian. Keberhasilan revitalisasi Pasar Kasin tidak terlepas dari peran para stakeholder yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan analisis stakeholder pada revitalisasi Pasar Kasin dalam upaya mendukung percepatan pemulihan perekonomian. Jenis penelitian ini berupa studi kasus tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu analisis stakeholder pada revitalisasi Pasar Kasin. Metode analisis stakeholder pada penelitian ini menggunakan model Reed et al. (2009) yang membagi analisis stakeholder menjadi tiga tahap yaitu: (1) identifikasi stakeholder; (2) kategorisasi stakeholder; dan (3) hubungan antar stakeholder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 24 stakeholder yang teridentifikasi terlibat dalam revitalisasi Pasar Kasin, terdiri dari 3 stakeholder primer, 4 stakeholder kunci, dan 17 stakeholder sekunder. Terdapat 4 jenis kepentingan yang dimiliki setiap stakeholder yaitu ekonomi, sosial, lingkungan dan politik. Disamping itu ada 5 jenis peran (pengaruh) yang dijalankan yaitu policy creator, koordinator, fasilitator, implementer dan akselerator. Berdasarkan tingkat kepentingan dan pengaruhnya pada revitalisasi Pasar Kasin, 5 stakeholder dikategorikan sebagai key players, 3 stakeholder sebagai subjects, 14 stakeholder sebagai context setters, dan 2 stakeholder sebagai crowd. Terdapat 3 jenis hubungan yang terjadi diantara para stakeholder tersebut, yaitu konflik, saling melengkapi dan kerja sama. Saran dari peneliti adalah para stakeholder perlu memelihara keberlanjutan hasil revitalisasi Pasar Kasin dan menjaga hubungan antar stakeholder yang terlibat dengan baik.

English Abstract

Pasar Kasin is one of the 0.37% of traditional markets in Indonesia that has obtained the Indonesian National Standard (SNI) certificate. The SNI was achieved after the market revitalization, which was carried out to support the acceleration of economic recovery. The success of Pasar Kasin revitalization is inseparable from the role of the involved stakeholders. This research aims to describe, analyze, and interpret stakeholder analysis on Pasar Kasin revitalization in an effort to support the acceleration of economic recovery. This type of research is a descriptive case study with a qualitative approach. The focus of this research is stakeholder analysis on Pasar Kasin revitalization. The stakeholder analysis method in this study uses the Reed et al. (2009) model, which suggests three steps to conducting stakeholder analysis: (1) the identification of stakeholders; (2) the categorization of stakeholders; and (3) the relationship among stakeholders. The results of this study indicate that there are 24 identified stakeholders involved in the Pasar Kasin revitalization, consisting of 3 primary stakeholders, 4 key stakeholders, and 17 secondary stakeholders. There are four types of interests that each stakeholder has: economic, social, environmental, and political. Besides, there are five types of roles (influences) with interrelated effects: policy creator, coordinator, facilitator, implementer, and accelerator. Based on their levels of interest and influence on Pasar Kasin revitalization, 5 stakeholders are categorized as key players, 3 as subjects, 14 as context setters, and 2 as crowds. There are three types of relationships that occur between these stakeholders: conflict, complementary, and cooperation. The researcher suggests that stakeholders must maintain the Pasar Kasin revitalization’s sustainability and maintain good relationships among involved stakeholders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Analisis Stakeholder, Revitalisasi, Pasar Rakyat, Pasar Kasin-Stakeholder Analysis, Revitalization, Traditional Market, Pasar Kasin
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:13
Last Modified: 19 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212609
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuniawati Anti Tirani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item