Efektivitas Program Smart Kampung dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi pada Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi).-

Sari., Yuni Novita and Imam Hanafi,, DR., M.SI., MS and Martina Purwaning Diah,, S.AP., M.AP, (2023) Efektivitas Program Smart Kampung dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi pada Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi).-. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Banyuwangi menginisiasi Program Smart Kampung dalam rangka mengintegrasikan layanan termasuk layanan administrasi kependudukan pada tingkat desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Program ini menyasar seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Banyuwangi termasuk Desa Sukojati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan dan menganalisis efektivitas Program Smart Kampung dalam pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sukojati dilihat dari dimensi keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan pengguna terhadap layanan, tingkat input dan output dan pencapaian tujuan menyeluruh serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Uji keabsahan hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan metode analisis yang digunakan adalah model interaktif milik Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Smart Kampung yang dijalankan dalam melayani administrasi kependudukan di Desa Sukojati terbilang cukup efektif yang dilihat dari capaian indikator pada lima dimensi efektivitas program, namun tidak luput dari kendala yang dihadapi. Pada dimensi keberhasilan program, kemampuan operasional dan mekanisme di lapangan berhasil dipenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Keberhasilan sasaran sebagai dimensi kedua menunjukkan bahwa keterjangkauan sasaran masih kurang akibat frekuensi sosialisasi yang kurang. Kepuasan pengguna terhadap layanan Program Smart Kampung berhasil terpenuhi pada unsur bukti fisik, daya tanggap. jaminan dan empati, namun masih terjadi gangguan teknik yang mengurangi kualitas keandalan program. Dimensi keempat yaitu tingkat input dan output, layanan yang diselenggarakan telah sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) namun pemanfaatan media input layanan mandiri masih kurang. Pada dimensi pencapaian tujuan menyeluruh, program Smart Kampung telah berhasil membawa perubahan nyata bagi organisasi dan masyarkat dengan adanya perubahan tata layanan dengan berbasis digital. Terdapat faktor pendukung yang ditemukan seperti kompetensi sumber daya aparatur, sarana dan prasarana dan komunikasi dan juga faktor penghambat yaitu rendahnya pemahaman masyarakat terkait layanan yang disediakan Program Smart Kampung terutama terkait layanan mandiri.

English Abstract

Banyuwangi Regency initiated the Smart Village Program to integrate services including population administration services at the village level by utilizing information technology. This program targets all villages in Banyuwangi Regency including Sukojati Village. The purpose of this study was to describe and analyze the effectiveness of the Smart Kampung Program in population administration services in Sukojati Village in terms of the dimensions of program success, target success, user satisfaction with services, input and output levels and achievement of overall goals as well as supporting and inhibiting factors. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. To test the validity of the research results using a triangulation technique, namely source triangulation and technical triangulation, the analytical method used is the interactive model of Miles, Huberman, and Saldana. The results of the study show that the Smart Kampung Program implemented in serving population administration in Sukojati Village is quite effective as seen from the achievement of indicators on the five dimensions of program effectiveness, however, it does not escape the obstacles it faces. On the dimensions of program success, operational capabilities and mechanisms in the field have been met according to community needs. The success of the target as the second dimension shows that the reach of the target is still lacking due to the lack of frequency of socialization. User satisfaction with the services of the Smart Kampung Program was successfully met on the elements of physical evidence, responsiveness. assurance and empathy, but there are still technical glitches that reduce the quality of program reliability. The fourth dimension is the level of input and output, the services provided are in accordance with the Standard Operational Procedure (SOP) but the use of independent service input media is still lacking. In the dimension of achieving overall goals, the Smart Kampung program has succeeded in bringing real change to organizations and communities with changes to digital-based service delivery. There are supporting factors found such as competence of personnel resources, facilities and infrastructure and communication as well as inhibiting factors, namely low understanding the community regarding the services provided by the Smart Village Program, especially regarding self-service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Smart Kampung, Pelayanan Administrasi Kependudukan-Effectiveness, Smart Kampung Program, Population Administration Services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:04
Last Modified: 19 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212594
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuni Novita Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item