Pengaruh Kualitas Pelayanan Izin Usaha Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri)

Prameswari, Iriane Dian and Dr. Drs. Suryadi,, MS and Endry Putra,, S. I.Kom., M. I.Kom (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Izin Usaha Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik mencakup tiga aspek yaitu: (1) pelayanan barang; (2) pelayanan jasa; dan (3) pelayanan administratif. Wujud pelayanan administratif adalah berbagai jenis layanan perizinan, demikian juga perizinan terkait dengan kegiatan usaha. Pelayanan izin usaha dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam memberikan jaminan kepastian hukum atas usaha yang dimiliki. Kebutuhan layanan yang baik standar untuk menghasilkan ekspektasi yang baik, menjadi dasar dalam memenuhi kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasaan bagi masyarakat. Namun, capaian di atas masih terkendala dengan berbagai masalah yang berhubungan dengan kenyamanan sarana dan prasarana, serta pengetahuan masyarakat terhadap teknologi digital pada zaman sekarang. Masalah tersebut tentunya berpengaruh pada kepuasan yang masyarakat rasakan. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini mengajukan satu pertanyaan: “Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat?”. Penelitian dalam skripsi ini, dengan menggunaan pendekatan kuantitatif, metode explanatory research, jenis penelitian survei, dan menelaah fenomena di atas. Dua konsep, yaitu kualitas pelayanan dan kepuasaan masyarakat di elaborasi menggunakan kuesioner. Pertanyaan diajukan kepada 99 pelaku usaha yang pernah mendaftarkan izin usahanya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri pada tahun 2020-2022. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis mengungkapkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri masuk dalam kategori yang sangat baik. Hal ini di dasarkan atas nilai rata-rata dari setiap indikator secara keseluruhan berada pada 4,0. Sementara itu, uji statistik menunjukkan kualitas pelayanan berperan penting terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini ditunjukan pada hasil analisis statistik bahwa kualitas pelayanan berkontribusi sebesar 40% terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini juga memperlihatkan bahwa kedua variabel mempunyai pengaruh yang bersifat positif/searah, artinya apabila kualitas pelayanan yang diberikan semakin baik serta nyaman maka kepuasan masyarakat juga akan semakin meningkat.

English Abstract

Public services cover three aspects, namely: (1) goods services; (2) services; and (3) administrative services. The form of administrative services is various types of licensing services, as well as permits related to business activities. Business license services are carried out by the government as an effort to fulfill the needs of the community in providing guarantees of legal certainty for businesses owned. The need for good service standards to produce good expectations, is the basis for fulfilling community satisfaction. Good service quality will provide satisfaction for the community. However, the above achievements are still constrained by various problems related to the convenience of facilities and infrastructure, as well as public knowledge of digital technology today. These problems certainly affect the satisfaction that people feel. In this regard, this study raises one question: "Does service quality affect community satisfaction?". The research in this thesis uses a quantitative approach, explanatory research methods, survey research types, and examines the above phenomena. Two concepts, namely service quality and community satisfaction, were elaborated using a questionnaire. Questions were asked of 99 business actors who had registered their business licenses at the Kediri City Investment and One-Stop Services Service (DPMPTSP) in 2020-2022. The data obtained were then analyzed with a simple linear regression test. The results of the analysis reveal that the quality of services provided by the Kediri City Investment and One-Stop Integrated Services Service (DPMPTSP) is in a very good category. This is based on the average value of each indicator as a whole at 4.0. Meanwhile, statistical tests show that service quality plays an important role in community satisfaction. This is shown in the results of statistical analysis that service quality contributes 40% to community satisfaction. This also shows that the two variables have a positive/unidirectional influence, meaning that if the quality of services provided is getting better and more comfortable, community satisfaction will also increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030868
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Izin Usaha, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:02
Last Modified: 24 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212584
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Iriane Dian Prameswari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item