Strategi Perencanaan Human Library pada Kampus Peduli Inklusi sebagai Sarana Knowledge Sharing (Studi pada Universitas Brawijaya)

Risdiyansah,, Yudha Wahyu and Dr. Farida Nurani,, S.Sos., M.Si, and Muhammad Rosyihan Hendrawan,, S.IP., M.Hum. (2023) Strategi Perencanaan Human Library pada Kampus Peduli Inklusi sebagai Sarana Knowledge Sharing (Studi pada Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

akademica di Universitas Brawijaya (UB). Kondisi tersebut memerlukan sebuah penyelesaian melalui peran perpustakaan perguruan tinggi dengan membentuk inovasi program human library (HL). Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan program HL melalui analisis potensi di UB, sehingga membentuk lingkungan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method berjenis sequential exploratory yang menetapkan staf perpustakaan UB, PLD UB, mahasiswa disabilitas, volunteer, Ketua Pelaksana HL 2017, dan rektorat sebagai subjek penelitian. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi, FGD, dan studi literatur yang diolah melalui pengelompokan tema wawancara dan statistik deskriptif. Program HL di UB dapat diselenggarakan oleh perpustakaan sebagai pengelola pengetahuan dengan persiapan berupa transformasi inklusi sosial. Potensi di UB untuk menyelenggarakan HL dilihat dari staf perpustakaan yang memiliki sifat inklusif dengan didukung oleh pemahaman konsep HL yang baik (x̄ =3,72) dan kemampuan mengembangkan program melalui knowledge sharing yang baik (x̄ =3,78). Program HL dapat dilaksanakan secara rutin tiga kali dalam satu tahun, karena sesuai dengan hukum, sosial, dan budaya sesuai dengan kajian perencanaan sosial. Strategi yang dapat dilakukan yaitu model backward integration strategy dengan melakukan kolaborasi antara Perpustakaan UB dengan PLD UB dalam penyelenggaraan HL.

English Abstract

Students with disabilities are still negatively stigmatized by the academic community at Brawijaya University (UB). This condition requires a solution through the role of university libraries by forming innovative human library (HL) programs. This research aims to recommend the HL program through potential analysis at UB, thus forming an inclusive environment. This research used a mixed method approach of sequential exploratory type that determined UB library staff, UB PLD, students with disabilities, volunteers, the 2017 HL Chief Executive, and the rectorate as research subjects. Data were collected through interviews, questionnaires, observations, FGDs, and literature studies which were processed through grouping interview themes and descriptive statistics. The HL program at UB can be organized by the library as a knowledge manager with preparation in the form of social inclusion transformation. The potential at UB to organize HL was seen from the library staff who had an inclusive nature supported by a good understanding of the HL concept (x̄ =3.72) and the ability to develop programs through good knowledge sharing (x̄ =3.78). The HL program can be implemented regularly three times a year, because it is in accordance with the law, social, and culture in accordance with social planning studies. The strategy that can be done is the backward integration strategy model by collaborating between UB Library and UB PLD in organizing HL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Berbagi Pengetahuan, Human Library, Inklusi Sosial, Perencanaan Sosial, Perpustakaan Perguruan Tinggi-College Library, Human Library, Knowledge Sharing, Social Inclusive
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:46
Last Modified: 19 Jan 2024 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212567
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yudha Wahyu Risdiyansah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item