Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Hasibuan, Yolanda Theresia and Oscar Radyan Danar, S.AP., M.AP , Ph.D and Suhartono Winoto,, S.AP., M.AP (2023) Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi Program Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik (SIAPEL) adalah sebuah sistem gagasan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan data kependudukan dan pencatatan sipil di wilayah Kota Malang. Melalui sistem ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi layanan publik atau melakukan pengurusan adminduk secara online, tanpa harus datang ke kantor Dispendukcapil sehingga proses pelayanan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus pertama penelitian ini mengenai inovasi pelayanan publik melalui program SIAPEL di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang menggunakan teori tipologi inovasi dari Mulgan & Albury yaitu Inovasi Produk dan Inovasi Sistem. Fokus kedua penelitian ini mengenai faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan SIAPEL. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi program SIAPEL ada unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan program SIAPEL tersebut, untuk memberikan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online di wilayah Kota Malang. Pelayanan SIAPEL melalui inovasi sistem dengan website. Kewenangan perkembangan inovasi ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Faktor Pendukung yaitu SDM berkompeten dibidangnya, sarana & prasarana, dan payung hukum. Faktor Penghambat yaitu kurangnya pemahaman masyarakat akan penggunaan SIAPEL seperti hasil foto berkas yang di upload tidak jelas dan kesalahan input nomor whatsapp.

English Abstract

Electronic Service Application Information System Program Innovation (SIAPEL) is a system initiated by the Department of Population and Civil Registration of the City of Malang which is used to manage and integrate population data and civil registration in the City of Malang. Through this system, the public can easily access public service information or manage the administration online, without having to come to the Dispendukcapil office so that the service process can be carried out more quickly and effectively. This research uses a qualitative descriptive research type. The first focus of this research is on public service innovation through the SIAPEL program at the Department of Population and Civil Registration of Malang City using the innovation typology theory from Mulgan & Albury namely Product Innovation and System Innovation. The focus of these two studies is on the supporting and inhibiting factors of SIAPEL implementation. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data analysis used in this research is the interactive model of Miles, Huberman and Saldana. The results of this study indicate that the innovation of the SIAPEL program has an element of innovation typology, namely the product innovation of the SIAPEL program service, to provide online population administration and civil registration services in the city of Malang. SIAPEL services through system innovation with a website. The authority for innovation development lies with the Department of Population and Civil Registration of Malang City. Supporting factors are competent human resources in their fields, facilities & infrastructure, and legal protection. The inhibiting factor is the lack of public understanding of the use of SIAPEL, such as the results of photos of uploaded files that are not clear and input errors on WhatsApp numbers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Program SIAPEL-Public Service, Public Service Innovation, SIAPEL Program
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:34
Last Modified: 19 Jan 2024 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212539
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yolanda Theresia Hasibuan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item