Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Proses Pembelajaran ( Studi di SMA Negeri 84 Jakarta Barat)

Windasasti,, Yolanda Gaunadia and Dr. Niken Lastiti V.A.,, SAP, MAP and Taufiq Akbar Al Faj'ri, SS.,M.Pd. (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Menunjang Proses Pembelajaran ( Studi di SMA Negeri 84 Jakarta Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat pentung bagi pendidikan dan menjadi salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan prasaran pendidikan menjadikan setiap sekolah berlomba-lomba dalam memenuhi standar sarana prasarana pendidikan demi meningkatkan proses pembelajaran. Walaupun keberadaan sarana dan prasarana sangat penting, namun kenyataanya di lapangan masih ditemukan sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai ataupun kurang dalam proses pengelolaannya. Dengan adanya kekurangan atau keterbatasan tersebut maka proses pengajaran di sekolah akan terhambat dan dampaknya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan pembelajaran bukan hanya dihadapi oleh guru itu sendiri tetapi juga didukung oleh keberadaan dan kelengkapan sarana dan prasarana serta pendukung lainnya. Apalagi jika dilihat dalam kenyataanya masih banyak sekolah yang tidak didukung dengan sistem manajemen atau pengelolaan yang baik. Sedangkan jika setiap sekolah memiliki kemampuan manajemen sarana prasarana dengan baik maka proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif berjalan dengan semestinya. Selain itu, masalah sarana pendidikan lainya adalah tidak efisiennya penggunaan-penggunaan sarana yang mengakibatkan terhambatnya aktivitas pendidikan. Sama halnya di sekolah pada umumnya, SMA Negeri 84 Jakarta Barat memiliki manajemen tersendiri dalam mengatur sarana dan prasarana nya beserta vii permasalahannya yang meliputi kegiatan perencanaan dan pengadaan, pendistribusian dan penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, penghapusan serta pengawasan. Akan tetapi manajemen tersebut kurang berjalan secara efektif dikarenakan terdapat beberapa faktor diantaranya kurangnya rasa peduli atau loyalnya pengurus terhadap sarana prasarana di SMA Negeri 84 Jakarta Barat, dan juga dikarenakan oleh sumber dana yang terkadang telat turun sehingga mempengaruhi proses manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran sekaligus untuk mengetahui juga faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses manajemen sarana dan prasarana tersebut. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti melakukan wawancara secara langsung kepada tenaga pendidik di SMA Negeri 84 Jakarta Barat seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru-guru dan juga siswa. Setelah dilakukannya penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa proses manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan di SMA Negeri 84 Jakarta Barat sudah baik. Selain itu keberadaan sarana prasarana tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi semua warga sekolah. Sehingga sarana prasarana dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran siswa demi tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.

English Abstract

Educational facilities and infrastructure are a very important component of education and are one of the eight National Education Standards. The importance of educational facilities and infrastructure makes every school compete in meeting the standards of educational infrastructure in order to improve the learning process. Even though the existence of facilities and infrastructure is very important, in reality in the field there are still schools that have inadequate facilities and infrastructure or are lacking in the management process. With these deficiencies or limitations, the teaching process in schools will be hampered and the impact will affect student learning outcomes. Learning problems are not only faced by the teacher himself but are also supported by the existence and completeness of facilities and infrastructure as well as other supports. Especially when seen in reality there are still many schools that are not supported by a management system or good management. Meanwhile, if each school has the ability to manage infrastructure properly, the learning process will run effectively as it should. In addition, another problem with educational facilities is the inefficiency of the use of facilities which results in delays in educational activities. Similar to schools in general, SMA Negeri 84 West Jakarta has its own management in managing its facilities and infrastructure and its problems which include planning and procurement, distribution and use, maintenance, inventory, write-off and supervision activities. However, this management is not running effectively because there are several factors including the lack of care or loyalty of ix the administrators for the infrastructure at SMA Negeri 84 West Jakarta, and also because the source of funds is sometimes late in disbursing which affects the management process. This study aims to find out how the management of facilities and infrastructure supports the learning process as well as to find out what factors are supporting and inhibiting the process of managing these facilities and infrastructure. The type of research used is qualitative research. Meanwhile, to obtain the required data, the researchers conducted interviews directly with educators at SMA Negeri 84 West Jakarta, such as the principal, vice principal for facilities and infrastructure, teachers and students. After doing the research, it can be concluded that the process of managing facilities and infrastructure carried out at SMA Negeri 84 West Jakarta is good. In addition, the existence of these infrastructure facilities can be felt by all members of the school community. So that the infrastructure can be used to support the learning process of students in order to achieve the desired educational goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran-Educational Facilities and Infrastructure, Learning Process
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:29
Last Modified: 19 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212534
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yolanda Gaunadia Windasasti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item