Implementasi Pemeliharaan Arsip Vital pada Arsip Tanah Desa Melalui Proses Alih Media Arsip dengan Aplikasi ADIARTA (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu)

Maharsi., Yasvita Surya and Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin,, MA and Dr. Niken Lastiti V.A.,, S.AP., M.AP. (2023) Implementasi Pemeliharaan Arsip Vital pada Arsip Tanah Desa Melalui Proses Alih Media Arsip dengan Aplikasi ADIARTA (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Arsip tanah desa yang terdiri dari buku kerawangan desa dan buku letter C desa merupakan tergolong jenis arsip vital terkait dengan tanah yang digunakan sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah sebelum adanya sertifikat tanah. Namun, kondisi fisik kedua arsip tanah desa tersebut mengalami penurunan kualitas fisik dikarenakan waktu penyimpanan yang sangat lama, sehingga diperlukan pemeliharaan arsip dengan alih media arsip. Alih media arsip dipilih karena untuk mempertahankan fisik beserta isi informasi, memudahkan temu balik informasi arsip. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pemeliharaan arsip tanah desa melalui kegiatan alih media arsip dengan aplikasi ADIARTA, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu dalam mengatasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan datanya diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah mengimplementasikan pemeliharaan arsip tanah desa melalui kegiatan alih media arsip yang meliputi: persiapan atau penyeleksian arsip, persiapan alih media arsip, pemindaian arsip, penyesuaian arsip hasil alih media, penyimpanan arsip, dan pembuatan berita acara alih media arsip. Faktor pendukungnya yaitu alih media arsip sebagai bentuk pemeliharaan arsip, sarana dan prasarana yang memadai, anggaran dana yang mencukupi, tuntutan satu instansi satu inovasi, dan dukungan dari pemerintah desa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi fisik arsip, kurangnya SDM, kekhawatiran tentang keamanan dan privasi datanya, terhambatnya perbaikan dan perubahan pada fitur aplikasi ADIARTA, serta arsip belum terautentikasi seluruhnya. Upaya untuk mengatasi faktor penghambatnya yakni dengan melakukan restorasi arsip dan meminta bantuan pemerintah desa, menggunakan jasa pihak ketiga, memberikan penjelasan dan pemahaman terkait keamanan dan privasi datanya, pengajuan ulang dan pendekatan antar pegawai, serta berkomunikasi untuk memberikan pemahaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Arsip, Alih Media Arsip, Arsip Vital, Arsip Tanah Desa-Archive Maintenance, Archive Media Transfer, Vital Records, Village Land Records
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:47
Last Modified: 19 Jan 2024 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212435
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YASVITA SURYA MAHARSI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item