Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Jasa Fitness Center Ditinjau Dari Pasal 4 Huruf A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Ub Sport Center Kota Malang)

Muttaqin, Farchan Sobirul and Dr. Djumikasih, S.H., M.H and Zora Febriena Dwithia, H.P S.H., M.Kn (2023) Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Jasa Fitness Center Ditinjau Dari Pasal 4 Huruf A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Ub Sport Center Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen jasa fitness center berdasarkan Pasal 4 huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan bagaimana hambatan serta upaya dalam pemenuhan pertanggungjawaban tersebut agar pihak pelaku usaha jasa fitness center bisa lebih memperhatikan hak konsumen yaitu hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan, sebab sebagai konsumen yang menggunakan alat gym tersebut memiliki hak untuk mendapatkan pemenuhan hak atas kenyamanan, keamanaan, dan keselamatan konsumen jasa fitness center berdasarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris, dengan pendekatan penelitian sosiologi hukum, serta lokasi penelitian ini dilakukan di UB Sport Center Malang, dengan menggunakan teknik empiris serta populasi dan sempel, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan mengkaji peraturan juga menggunakan definisi operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban pelaku usaha terkait pemenuhan hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan belum optimal karena pihak UB Sport Center belum melaksanakan kewajibannya dengan baik sesuai peraturan yang ada dan dalam pelaksanaannya mengalami hambatanhambatan. Maka disarankan untuk konsumen agar lebih peka dalam merasakan masalah kelayakan dan pemenuhan hak dalam perlindungan konsumen mengenai hak-haknya, serta harus turut aktif melaporkan bila ada pelanggaran yang terjadi, dan pihak UB Sport Center melakukan tindakan melalui koordinasi dengan pusat agar dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal agar dapat memenuhi standar yang berlaku.

English Abstract

In this thesis, the author raises the issue of accountability of business actors to consumers of fitness center services based on Article 4 letter a of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and what are the obstacles and efforts to fulfill this responsibility so that fitness center service businesses can pay more attention to consumer rights namely the right to comfort, security and safety, because as consumers who use gym equipment they have the right to get fulfillment of the right to comfort, safety and consumer safety based on fitness center services. This type of research is empirical research, with a legal sociology research approach, and the location of this research was conducted at UB Sport Center Malang, using empirical techniques as well as population and samples, as well as using qualitative descriptive data analysis techniques and reviewing regulations also using operational definitions. The results of the study show that the accountability of business actors related to the fulfillment of the right to comfort, security and safety is not optimal because the UB Sport Center has not carried out its obligations properly according to existing regulations and has encountered obstacles in its implementation. So it is recommended for consumers to be more sensitive in feeling the issue of eligibility and fulfillment of rights in consumer protection regarding their rights, and must actively report if there is a violation that occurs, and the UB Sport Center takes action through coordination with the center so that it can carry out its duties optimally in order to comply with applicable standards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Samuri
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:31
Last Modified: 19 Jan 2024 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212299
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farchan Sobirul Muttaqin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item