Pengaruh Kualitas Produk dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung MS Glow Aesthetic Clinic Malang)

Istikhomah, Nurul and Dahlan Fanani,, Drs. M.AB (2023) Pengaruh Kualitas Produk dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung MS Glow Aesthetic Clinic Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk kosmetik khususnya perawatan kulit mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan memformulasikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh kulit masyarakat Indonesia. Produk kosmetik terutama perawatan kulit saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, hal ini karena perawatan kulit memberikan berbagai manfaat. Adanya kesadaran dan kebutuhan ini membuat perusahaan-perusahaan kosmetik bersaing untuk melakukan inovasi dan kreasi produknya. Kualitas produk menjadi salah satu hal mendasar yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk mana yang sesuai dengan keadaan kulit. Celebrity endorsement juga berperan aktif dalam menyampaikan pesan dan menarik masyarakat untuk membeli produk yang dijual. Apabila kualitas produk dan celebrity endorsement dari suatu brand telah sesuai dengan harapan maka konsumen tidak akan ragu untuk membeli brand tersebut secara terus-menerus. Penelitian terdahulu yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rachmat & Tresnati (2018), Reinaldo & Chandra (2020), Harlofida dkk (2020), Wachyuni & Priyambodo (2020), Nawangsari dkk (2020), serta Maudya & Hamzah (2022). Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk ( ), Celebrity Endorsement ( ), dan Keputusan Pembelian (Y). Jumlah sampel yang digunakan sebesar 95 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner daring (online) yang sesuai dengan kriteria populasi dan sampel, yaitu pengunjung MS Glow Aesthetic Clinic Malang yang pernah membeli produk MS Glow dan pernah melihat selebriti yang mengendors produk MS Glow di media sosial maupun papan iklan lainnya. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memengaruhi keputusan pembelian, celebrity endorsement memengaruhi keputusan pembelian dan secara bersamaan kualitas produk dan celebrity endorsement memengaruhi keputusan pembelian.

English Abstract

Cosmetic products, especially skin care, are experiencing very rapid development by formulating various needs needed by the skin of Indonesian people. Cosmetic products, especially skin care, have now become a need that must be met, this is because skin care provides various benefits. This awareness and need makes cosmetic companies compete to innovate and create their products. Product quality is one of the basic things that consumers consider when choosing which product suits their skin condition. Celebrity endorsements also play an active role in conveying messages and attracting people to buy the products being sold. If the product quality and celebrity endorsement of a brand meet expectations, consumers will not hesitate to buy that brand continuously. Previous research used in this research is Rachmat & Tresnati (2018), Reinaldo & Chandra (2020), Harlofida et al (2020), Wachyuni & Priyambodo (2020), Nawangsari et al (2020), and Maudya & Hamzah (2022). This type of research is explanatory (explanatory research) with a quantitative approach. The variables used in this research are Product Quality ( ), Celebrity Endorsement ( ), and Purchase Decision (Y). The number of samples used was 95 respondents with a sampling technique using purposive sampling. The data collection method is through an online questionnaire which is in accordance with the population and sample criteria, namely visitors to the MS Glow Aesthetic Clinic Malang who have purchased MS Glow products and have seen celebrities endorsing MS Glow products on social media or other advertising boards. The data analysis used is multiple linear regression using SPSS 25. The research results show that product quality influences purchasing decisions, celebrity endorsements influence purchasing decisions and simultaneously product quality and celebrity endorsements influence purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030837
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:40
Last Modified: 23 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212210
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurul Istikhomah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item