Efektivitas Sistem Informasi E-Suradi (Studi Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang)

Armelia, Nurlita and Dr. Imam Hanafi,, S.Sos., M.Si. and Bayu Amengku Praja,, S.Mn., M.Si. (2023) Efektivitas Sistem Informasi E-Suradi (Studi Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan sektor publik pada zaman modern tidak terlepas dari penerapan berbasis teknologi informasi. Penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis digital merupakan upaya pengembangan e-government yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Pemerintah Kota Malang merupakan salah satu kota yang melakukan pengembangan e-government melalui pembangunan sistem informasi pelayanan pemerintahan maupun publik. Salah satu inovasi Pemerintah Kota Malang dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelayanan pada pemerintah adalah E-Suradi. E�Suradi merupakan sistem informasi untuk surat masuk dan surat keluar antar Instansi Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas sistem informasi E-Suradi, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan sistem informasi E-Suradi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumenrasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini dilihat berdasarkan pada teori DeLone dan McLean (2003) dengan 6 indikator. Pertama, kualitas informasi pada sistem informasi E-Suradi sudah terpenuhi dapat dilihat dari akurasi, ketepatan waktu, kelengkapan informasi, dan relevansi informasi yang diberikan. Kedua, kualitas sistem E-Suradi sudah baik yang terlihat dari sistem yang mudah digunakan, terintegrasi, realibilitas, dan fleksibel. Ketiga, kualitas layanan yang baik karena adanya jaminan, empati sistem, dan responsivitas sistem terhadap pengguna E-Suradi. Keempat, penggunaan E�Suradi dimanfaatkan dengan baik dengan penerapan dilakukan setiap hari untuk membantu pekerjaan tugas masuk dan tugas keluar. Kelima, kepuasan pengguna terhadap E-Suradi tercapai dengan adanya pemanfaatan E-Suradi yang efisien dan efektif. Keenam, hasil bersih berupa keuntungan yang didapatkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang yaitu pelayanan mudah dan cepat, surat tersimpan baik, serta mengurangi biaya operasional. Faktor pendukung penerapan E-Suradi adalah adalah keamanan, budaya organisasi, pelatihan, Visi, Misi, dan Tujuan Organisasi, dukungan pimpinan, infrastruktur, serta kolaborasi antar Instansi Pemerintah Kota Malang. Faktor penghambat penerapan E-Suradi adalah intensitas pegawai dalam membuka surat, internet yang tidak stabil, serta server pusat yang mengalami gangguan.

English Abstract

Public sector services in modern times cannot be separated from information technology-based applications. Digital-based governance is an e-government development effort that aims to improve the quality of public services effectively and efficiently. The Malang City Government is one of the cities that has developed e-government through the development of government and public service information systems. One of the innovations of the Malang City Government in utilizing information and communication technology for government services is E�Suradi. E-Suradi is an information system for incoming letters and outgoing letters between Malang City Government Agencies. This study aims to describe and analyze the effectiveness of the E-Suradi information system, as well as the supporting factors and obstacle factors in the implementation of the E-Suradi information system at the Malang City Education and Culture Office. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The research used data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique in this study used the analysis technique by Miles and Huberman. The results of this study are seen based on the theory of DeLone and McLean (2003) with 6 indicators. First, the quality of information on the E-Suradi information system has been fulfilled can be seen from the accuracy, timeliness, completeness of information, and relevance of the information provided. Second, the quality of the E-Suradi system is good, which can be seen from the system that is easy to use, integrated, reliability, and flexible. Third, the quality of service is good because of the guarantee, system empathy, and system responsiveness to E�Suradi users. Fourth, the use of E-Suradi is well utilized with the application carried out every day to help work on incoming tasks and outgoing tasks. Fifth, user satisfaction with E-Suradi is achieved with the efficient and effective use of E�Suradi. Sixth, the net benefits in the form of benefits obtained by the Malang City Education and Culture Office is easy and fast service, well stored letters, and reduced operational costs. Supporting factors for the implementation of E-Suradi are security, organizational culture, training, vision, mission, and organizational goals, leadership support, infrastructure, and collaboration between government agencies in Malang City. The obstacle factors for the implementation of E-Suradi are the intensity of employees in opening letters, unstable internet, and central servers that experience interference.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030831
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem Informasi, E-Suradi
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:26
Last Modified: 23 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212180
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurlita Armelia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item