Electoral Governance dalam Pemilihan Umum Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Tahun 2019 (Studi pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta)

Zuhdi, Siraj Muhammad (2023) Electoral Governance dalam Pemilihan Umum Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Tahun 2019 (Studi pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata kelola pemilu dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang menciptakan dan mengelola kerangka kelembagaan dalam penyelenggaraan pemilu. Setiap tahun penyelenggaraan pemilu legislatif DPR masih terkendala oleh beberapa hal, salah satunya partisipasi masyarakat yang rendah di tahun 2019. Partisipasi masyarakat yang rendah menjadi salah satu permasalahan di dalam tata kelola penyelenggaraan pemilu legislatif DPR di DKI Jakarta. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan electoral governance dalam pemilihan umum legislatif dan kendala electoral governance dalam pemilihan umum legislatif DPR 2019 (Studi pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Adapun fokus penelitian ini meliputi dua hal, diantaranya pelaksanaan electoral governance dalam pemilihan umum legislatif Dewan Perwakilan Rakyat tahun 2019 pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta melalui 3 level tata kelola pemilu dan kendala dalam electoral governance dalam pemilihan umum legislatif Dewan Perwakilan Rakyat tahun 2019 pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi tidak langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pemilu legislatif DPR 2019 yang menjadi bagian dari pemilu serentak telah memenuhi tata kelola pemilu yang meliputi Penetapan Dasar Hukum dengan menggunakan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Pengimplementasian Aturan, dan Tindak Lanjut Aturan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam penyelenggaraan pemilu legislatif DPR 2019 di DKI Jakarta meliputi perbedaan persepsi antar pemangku kepentingan, permasalahan data ganda, anomali, dan penduduk yang kurang koordinatif, kendala pengadaan dan pendistribusian logistik pemilu, beban kerja badan adhoc yang terlalu berat, partisipasi masyarakat yang rendah, kendala penegakkan dan tindak lanjut hukum.

English Abstract

Electoral governance defined as an activity that creates and manages institution framework in electoral competition. Every The House of Representatives election year costrained by several things, including low public participation in 2019. Low public participation is one of the problems in The House of Representatives election in Jakarta, considering public participation is one of democratic elections indicators. According of that problem, the purpose of this study was to describe the electoral governance and obstacles in The House of Representatives election 2019 (Study at General Election Commissions in Jakarta Province). This study uses a type of descriptive research with qualitative method using data analysis according to Miles and Huberman. Focus of this research consist of two things, electoral governance in The House of Representatives election 2019 at General Election Commissions in Jakarta Province and its obstacles. This research using some data collection techniques, there are indirect observation, interview, and documentation. The results of this study indicate that The House of Representatives election in 2019 has completed electoral governance levels, Rule Making, Rule Application, and Adjudication Rule. Also there are obstacles in DKI Jakarta legislative election of House of Representatives, such differences of stakeholders’ perception, multiple data, anomaly data, and uncoordinated parties, producement and distribution election logistic problem, adhoc workload problem, low public participation, and low coordination in adjudication rule level

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030087
Uncontrolled Keywords: Electoral Governance, Pemilihan Umum, Legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: agung
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:55
Last Modified: 18 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212069
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siraj Muhammad.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item