PELAKSANAAN PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL BEKAS (Studi Pada Showroom Mobil Bekas di Kota dan Kabupaten Malang)

SALMAN, MOCH. AZIS and Dr. Yenny Eta W,, SH MH. and Setiawan Wicaksono,, SH, MKn. (2023) PELAKSANAAN PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL BEKAS (Studi Pada Showroom Mobil Bekas di Kota dan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, penulis mengangkat sebuah permasalahan yang terjadi pada masyarakat, mengenai pelaku usaha showroom mobil bekas yang tidak jujur saat memberikan informasi kondisi mobil. Banyaknya pihak konsumen yang tidak mengetahui tentang adanya UUPK, serta pelaku usaha showroom mobil bekas menghiraukan hakhak konsumen, menyebabkan adanya kesenjangan dan ketidaksesuaian antara peraturan yang telah diatur dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengangkat sebuah rumusan masalah yakni: (1) Apa faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada perjanjian jual beli mobil bekas pada showroom di Kota Malang? (2) Apa saja upaya yang ditempuh pemilik showroom mobil bekas di Kota Malang dalam mempertanggungjawabkan komplain dari konsumen? Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan meneliti secara langsung kepada objek yang diteliti. Dari hasil penelitian, penulis menemukan permasalahan, bahwa terdapat hambatan pelaksanaan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Mayoritas konsumen yang dirugikan tidak mengetahui hak-haknya pada UUPK. Disisi lain para pemilik showroom mobil bekas banyak yang tidak mengetahui UUPK dan menghiraukan tanggungjawabnya. Upaya yang ditempuh pemilik showroom apabila ada perselisihan dalam jual beli mobil bekas, yaitu dilakukan dengan cara musyawarah antara kedua belah pihak, namun dari hasil penelitian hal tersebut tidak terlaksanakan dengan baik. Faktanya masih banyak pelaku usaha yang menghiraukan tanggungjawab dan tidak merasa bersalah akan kesalahannya.

English Abstract

In this study, the authors raise a problem that occurs in society, regarding used car showroom business actors who are dishonest when providing information on car conditions. The large number of consumers who do not know about the existence of UUPK, and used car showroom business actors ignore consumer rights, causing gaps and discrepancies between the regulations stipulated in Article 4 of the Consumer Protection Act No. 8 of 1999. Based on this, the authors raise a problem formulation namely: (1) What are the factors that become obstacles in the implementation of Article 4 of Law Number 8 of 1999 on used car sale and purchase agreements in showrooms in Malang City? (2) What are the efforts taken by the owner of a used car showroom in Malang City to account for complaints from consumers? This writing uses an empirical juridical legal research method with a sociological juridical approach, emphasizing research aimed at obtaining empirical legal knowledge by examining directly the object under study. From the research results, the authors found a problem, that there were obstacles to the implementation of Article 4 of Law Number 8 of 1999. The majority of consumers who were harmed did not know their rights in UUPK. On the other hand, many used car showroom owners do not know the UUPK and ignore their responsibilities. The efforts taken by the showroom owner when there is a dispute in buying and selling used cars, which is done by way of deliberation between the two parties, but from the results of the research this was not carried out properly. The fact is that there are still many business actors who ignore responsibility and do not feel guilty about their mistakes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username ihwan
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:33
Last Modified: 18 Jan 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211976
[thumbnail of MASIH DALAM MASA EMBARGO] Text (MASIH DALAM MASA EMBARGO)
Moch. Azis S.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item