Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Aplikasi Jogo Malang Presisi di Polresta Malang Kota)

Nafsiya, Silma Nuha (2023) Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Aplikasi Jogo Malang Presisi di Polresta Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik menjadi bagian terpenting dalam kualitas pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan. Pelayanan dilakukan oleh instansi-instansi yang salah satunya yaitu Kepolisian. Kepolisian sebagai pemberi pelayanan dalam keamanan dan ketertiban suatu wilayah. Kota Malang pada tahun 2019-2021 menempati urutan kedua setelah Surabaya dalam jumlah tindak pidana. Polresta Malang Kota berupaya untuk meminimalisir gangguan keamanan dengan adanya inovasi pelayanan Jogo Malang Presisi yang disesuaikan dengan standar pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis inovasi pelayanan publik pada Jogo Malang Presisi di Kota Malang yang disertai dengan faktor pendukung dan faktor penghambat. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi dan situs penelitian di Polresta Malang Kota. Sumber data penelitian terdapat data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan alat penunjang. Penelitian ini dianalisis dengan model analisis data interaktif teori Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan Jogo Malang Presisi merupakan bentuk inovasi pelayanan publik oleh Polresta Malang Kota dalam memberikan pelayanan kepada warga Kota Malang secara online. Perbandingan terlihat dari sebelum dan sesudah adanya inovasi Jogo Malang Presisi yaitu terletak pada prosedur, waktu penyelesaian, dan pelaksanaan pelayanan yang lebih ringkas serta cepat sedangkan biaya/tarif pelayanan tidak terdapat inovasi. Faktor pendukung inovasi pelayanan Jogo Malang Presisi yaitu adanya sumber daya manusia dari Polresta yang terlatih dengan inovasi Jogo Malang Presisi dan juga telah diintegrasikan dengan instansi 24 dinas pemerintah. Sementara itu faktor penghambatnya yaitu perilaku masyarakat terhadap inovasi yang masih belum baik serta aplikasi yang masih terus terdapat perbaikan.

English Abstract

Public services are the most important part of service quality in accordance with service standards. Services are carried out by agencies, one of which is the Police. Police as a service provider in the security and order of a region. Malang City in 2019-2021 ranks second after Surabaya in the number of criminal acts. The Malang City Police are trying to minimize security disturbances with the Jogo Malang Precision service innovation which is adjusted to public service standards. The purpose of this study was to analyse public service innovation at Jogo Malang Precision in Malang City accompanied by supporting factors and inhibiting factors. The research method uses qualitative research with a descriptive approach. Location and research site at Polresta Malang City. The data sources are primary and secondary data. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. The research instrument used was an interview guide and upporting tools. This study was analysed using the interactive data analysis model of Miles and Hubberman's theory. The results showed that Jogo Malang Presisi is a form of public service innovation by the Malang City Police in providing services to Malang City residents online. The comparison that can be seen before and after the Jogo Malang Precision innovation in the procedure, completion time, and implementation of services that are more concise and faster while there are no innovations in service fees/tariffs. Supporting factors for Jogo Malang Precision service innovation are the existence of human resources from Polresta who are trained with Jogo Malang Precision innovation and have also been integrated with 24 government agencies. Meanwhile, the inhibiting factors are people's behaviour towards innovation which is still not good and applications that are still improving.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030083
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Jogo Malang Presisi, Kepolisian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: agung
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:55
Last Modified: 18 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211915
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Silma Nuha Nafsiya.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item