Digitalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Website SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik) pada Masa Pandemi Covid-19

Mulyandini, Nida Annisa and Firda Hidayati, S.Sos., MPA, DPA and Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS., M.Pd (2023) Digitalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Website SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik) pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan kewajiban sebuah negara dalam rangka memenuhi kebutuhan semua warga negara melalui sistem pemerintahan seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Adanya Pandemi Covid-19 menyebabkan pelayanan sedikit terhambat karena harus mengurangi tatap muka langsung dalam memberikan pelayanan. Oleh sebab itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang mengadakan pelayanan administrasi kependudukan secara online yaitu melalui website SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Elektronik). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan melalui website SIAPEL pada masa Pandemi Covid-19, faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang sudah terlaksana cukup baik, hal tersebut terlihat kaena sudah terpenuhinya tiga elemen keberhasilan penerapan e-government pada sektor publik, yaitu support, capacity, serta value. Selain itu dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui website SIAPEL didukung dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten serta sarana dan prasarana yang memadai serta keterlibatan masyarakat dalam inovasi. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan yang mempengaruhi proses keberhasilan yaitu sosialisasi yang kurang maksimal dan tidak merata serta gangguan jaringan internet yang digunakan dalam SIAPEL

English Abstract

Public service is the obligation of a country in order to meet the needs of all citizens through a government system as is done by the Department of Population and Civil Registration of Malang City. The existence of the Covid-19 Pandemic has caused services to be slightly hampered because they have to reduce face-to-face meetings in providing services. Therefore, the Department of Population and Civil Registration of Malang City provides population administration services online, namely through the SIAPEL website (Electronic Application Information System). The purpose of this study is to identify population administration services through the SIAPEL website (Electronic Application Information System) during the Covid-19 Pandemic, supporting factors and inhibiting factors. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The data sources used are primary data and secondary data, with data collection techniques namely observation, interviews and documentation. The data analysis technique in this study used the data analysis technique of Miles and Huberman's interactive model. The results of this study are that the implementation of population administration services during the Covid-19 pandemic at the Malang City Population and Civil Registration Office has been carried out quite well, this can be seen because the three elements of successful e-government implementation in the public sector have been fulfilled, namely support, capacity, as well as values. In addition, the implementation of population administration services through the SIAPEL website is supported by competent human resources and adequate facilities and infrastructure as well as community involvement in innovation. However, in practice there are still obstacles that affect the success of the process, namely socialization that is less than optimal and uneven as well as disruption to the internet network used in SIAPEL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030806
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, E-Government, SIAPEL
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:26
Last Modified: 18 Jan 2024 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211873
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nida Annisa Mulyandini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item