Penerapan Prinsip Pelayanan Publik Pada aplikasi “ANTAR” (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang)

Sihaloho, Nathanael and Dr. Hermawan,, S.IP., M.SI and Endry Putra, S.I.Kom.,M.I.Kom. (2023) Penerapan Prinsip Pelayanan Publik Pada aplikasi “ANTAR” (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Puskesmas bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatau wilayah kerja. Permasalahan yang ditemui di Puskesmas Dinoyo adalah alur antrian yang ketinggalan zaman karena tidak sesuai dengan realitas antrian. Puskesmas Dinoyo menghadirkan sebuah inovasi yang bernama aplikasi “ANTAR”. Aplikasi ini dirancang khusus sebagai alat bantu pengelolaan data antrian laboratorium yang transparan. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Penerapan Prinsip Pelayanan Publik pada aplikasi “ANTAR” di Puskesmas Dinoyo Kota Malang yang mengacu pada 5 prinsip pelayanan publik menurut Islamy (1999); (2) Proses pelayanan pada aplikasi “ANTAR” dalam melayani masyarakat; (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan prinsip pelayanan publik pada aplikasi “ANTAR” di Puskesmas Dinoyo kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model Spradley. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi “ANTAR” sudah menerapkan prinsip pelayanan publik dalam memenuhi 5 prinsip pelayanan publik menurut Islamy (1999) seperti (1) aplikasi yang mudah dijangkau secara dekat dan mudah; (2) pelayanan melalui aplikasi “ANTAR” dapat terus menerus ada dan memiliki kejelasan ketentuan yaitu SK Puskesmas; (3) petugas aplikasi “ANTAR” memahami teknis pelayanan, sistem prosedur, instrument pelayanan dan pihak yang berkontribusi; (4) aplikasi “ANTAR” sudah berjalan secara efektif dan efisien serta bisa memberikan keuntungan sosial bagi masyarakat namun tidak kepada pemerintah; (5) pelayanan pada aplikasi “ANTAR” dapat dipertanggungjawabkan oleh Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Namun masih terdapat faktor penghambat dalam penerapan prinsip pelayanan publik, yaitu masyarakat yang tidak sabar dan kurangnya optimalisasi perangkat teknologi.

English Abstract

The Community Health Center is responsible for carrying out health development in a work area. The problem encountered at the Dinoyo Community Health Center is that the queue flow is outdated because it does not match the reality of the queue. Dinoyo Community Health Center presents an innovation called the "ANTAR" application. This application was specifically designed as a tool to help manage transparent laboratory queue data. The type of research used by researchers is a descriptive method with a qualitative approach with three research focuses, namely: (1) application of public service principles in the "ANTAR" application at the Dinoyo Community Health Center, Malang City, which refers to the 5 principles of public service according to Islamy (1999); (2) service process in the "ANTAR" application in serving the community; and (3) supporting and inhibiting factors in implementing the principles of public service in the "ANTAR" application at the Dinoyo Health Center, Malang City. This research uses the Spradley model data analysis method. The results of this research show that the "ANTAR" application has implemented the principles of public service in fulfilling the 5 principles of public service according to Islamy (1999) such as (1) an application that is close and easy to reach; (2) services through the "ANTAR" application can continue to exist and have clear provisions, namely the Puskesmas Decree; (3) "ANTAR" application officers understand service technicalities, system procedures, service instruments and contributing parties; (4) the "ANTAR" application is running effectively and efficiently and can provide social benefits to the community but not to the government; (5) services on the "ANTAR" application can be accounted for by the Dinoyo Health Center, Malang City. However, there are still inhibiting factors in implementing the principles of public service, namely impatient people and a lack of optimization of technological devices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030792
Uncontrolled Keywords: Aplikasi “ANTAR”, E-Government, Prinsip Pelayanan Publik, Puskesmas
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:40
Last Modified: 22 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211801
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nathanael Sihaloho.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item