Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Atas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program “Pecel Tempe Mendoan” (Pelayanan Cepat Tanpa Meninggalkan Kerjoan) (Studi di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang)

Subakda, Naftalia Manila Ayu and Dr. Drs. Siswidiyanto,, MS. and Rendra Eko Wismanu,, S.AP., M.AP. (2023) Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Atas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program “Pecel Tempe Mendoan” (Pelayanan Cepat Tanpa Meninggalkan Kerjoan) (Studi di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi munculnya inovasi program "Pecel Tempe Mendoan" adalah masih adanya pengurusan yang berbelit-belit, jarak tempuh yang jauh, biaya yang terbatas, dan waktu tunggu yang lama sehingga masyarakat harus meninggalkan pekerjaannya. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, melakukan inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis jemput bola sebagai upaya mempermudah pelayanan administrasi kependudukan. Pelaksanaan program "Pecel Tempe Mendoan" akan terlaksana dengan baik, apabila masyarakat di Desa Senggreng, menunjukkan sikap yang positif terhadap adanya program "Pecel Tempe Mendoan" dengan menunjukkan perilaku yang baik dalam menerima pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat atas pelayanan administrasi kependudukan melalui program "Pecel Tempe Mendoan" di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden, dimana dalam menentukan jumlah responden menggunakan rumus Lemeshow. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif dan analisis indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki nilai indeks pengetahuan sebesar 85,28 dengan kategori sangat baik, nilai indeks sikap sebesar 80,57 dengan kategori baik, dan nilai indeks perilaku sebesar 83,03 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat Desa Senggreng secara keseluruhan berada pada kategori baik, namun terdapat beberapa unsur yang perlu mendapat perhatian dan perbaikan yaitu pengetahuan masyarakat terkait manfaat program, sikap tanggung jawab masyarakat, dan perilaku pemberi layanan.

English Abstract

The problem behind the emergence of the "Pecel Tempe Mendoan" program innovation is that there are still complicated arrangements, long distances, limited costs, and long waiting times so that people have to leave their jobs. In an effort to overcome these problems, the Senggreng Village Government, Sumberpucung Subdistrict, Malang Regency, innovated a ball pick-up-based population administration service as an effort to facilitate population administration services. The implementation of the "Pecel Tempe Mendoan" program will be carried out well, if the community in Senggreng Village, shows a positive attitude towards the existence of the "Pecel Tempe Mendoan" program by showing good behavior in receiving services. This study aims to determine how the knowledge, attitudes, and behavior of the community on population administration services through the "Pecel Tempe Mendoan" program in Senggreng Village, Sumberpucung District, Malang Regency. The research method used descriptive quantitative, with a questionnaire data collection method. Sampling using purposive sampling technique with a total of 100 respondents, where in determining the number of respondents using the Lemeshow formula. Analysis was carried out with descriptive statistics and index analysis. The results showed that the community had a knowledge index value of 85.28 with a very good category, an attitude index value of 80.57 with a good category, and an attitude index value of 83.03 with a good category. However, there are several elements that need attention and improvement, namely community knowledge related to program benefits, community responsibility attitudes, and service provider behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030783
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Inovasi Pelayanan: Program Pecel Tempe Mendoan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:34
Last Modified: 22 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211743
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naftalia Manila A.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item