Pengaruh Financial reward, Personal cost dan Saluran Pelaporan Terhadap Niat Whistleblowing (Studi Eksperimen Pada Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Bali)

Utami, Ni Made Mega Abdi and Prof. Gugus Irianto,, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA and Yeney W. Prihatiningtias,, SE., MSA., DBA., Ak., (2020) Pengaruh Financial reward, Personal cost dan Saluran Pelaporan Terhadap Niat Whistleblowing (Studi Eksperimen Pada Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Bali). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial reward (diberikan dan tidak diberikan), personal cost (rendah dan tinggi) dan saluran pelaporan (anonim dan non-anonim) pada niat whistleblowing. Studi ini juga akan menganalisis efek interaksi antara financial reward dan personal cost, financial reward dan saluran pelaporan dan personal cost dan saluran pelaporan pada niat whistleblowing. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 65 pegawai keuangan di Perguruan Tinggi Negeri di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen 2x2x2. Hasil penelitian menemukan bahwa niat whistleblowing lebih besar apabila diberikan financial reward dibandingkan dengan tidak diberikan financial reward, pada kondisi personal cost rendah dibandingkan dengan personal cost tinggi dan ketika melaporkan melalui saluran pelaporan anonim daripada melalui saluran pelaporan non-anonim. Hasil dari uji efek interaksi menunjukkan bahwa niat whistleblowing akan lebih besar jika diberi financial reward dan dengan personal cost rendah. Niat whistleblowing akan lebih besar jika diberi financial reward dan melalui saluran pelaporan yang non-anonim. Niat whistleblowing akan lebih tinggi ketika dengan personal cost rendah dan melalui saluran pelaporan anonim. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pihak PTN di provinsi Bali dalam mempertimbangkan pemberian financial reward, mempersiapkan cara untuk mengantisipasi tindakan pembalasan serta memilih saluran pelaporan yang paling tepat diterapkan.

English Abstract

This study aims to determine the effect of financial rewards (given and not given), personal costs (low and high) and reporting channels (anonymous and nonanonymous) on whistleblowing intentions. This study also analyzes the interaction effects between financial reward and personal cost, between financial reward and reporting channel and between personal cost and reporting channel on whistleblowing intentions. The Participants of this study are 65 finance and accounting employees of state universities in Bali. This research employs a 2x2x2 experimental design. The results of this study indicate that whistleblowing intentions when the financial reward is given, when the personal cost is low, and when the report is submitted through anonymous reporting. The results of the interaction effect indicate that greater whistleblowing appear financial reward are given (case at a low personal cost). Higher whistleblowing intentions appear when financial reward are given and the report submitted through non-anonymous reporting channels. In Addition, higher whistleblowing intentions appear in a low personal cost through anonym reporting channels. The results of this study can be used by the universities in Bali to consider the provision of financial rewards, retaliatory action counter measures and choosing the most appropriate reporting channels

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042002
Uncontrolled Keywords: Financial reward; personal cost; reporting channel; whistleblowing intention.Financial reward; personal cost; saluran pelaporan; niat whistleblowing
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:49
Last Modified: 17 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211611
[thumbnail of Ni Made Mega Abdi Utami.pdf] Text
Ni Made Mega Abdi Utami.pdf

Download (75MB)

Actions (login required)

View Item View Item