Pengaruh Permintaan Pelanggan Hijau Dan Produk Hijau Terhadap Kinerja Berkelanjutan Dengan Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Di Umkm Sektor Pangan Kota Batu)

Nurmaulidya, Firna Andea and Dr.Ir. Endah Rahayu Lestari, MS (2023) Pengaruh Permintaan Pelanggan Hijau Dan Produk Hijau Terhadap Kinerja Berkelanjutan Dengan Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Di Umkm Sektor Pangan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) termasuk industri kecil yang memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Khususnya UMKM yang berada di Kota Batu memiliki andil yang besar dalam perekonomian di Jawa Timur. Akan tetapi, dibalik keuntungan yang diperoleh dari adanya UMKM tersebut juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dari proses produksi sampai dengan setelah pemakaian. Di sisi lain, konsumen sekarang sudah makin cerdas, serta sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Konsumen yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan akan terdorong untuk memakai, serta mengonsumsi produk yang lebih ramah lingkungan. Dari kesadaran serta kepedulian masyarakat itulah yang memunculkan permintaan terhadap produk hijau ramah lingkungan. Produk hijau memiliki nilai yang dapat diterima bagi lingkungan, pelanggan dan juga perusahaan. Dengan hal tersebut, perusahaan akan memperoleh dampak positif terhadap kinerja berkelanjutan dari usahanya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan variabel permintaan pelanggan hijau, nilai pelanggan, produk hijau, dan kinerja berkelanjutan dengan indikator penelitian sebanyak 18 item. Penelitian dilangsungkan di UMKM Kota Batu sektor pangan dengan sekurangnya sudah berdiri selama 3 tahun. Menggunakan purposive sampling sebagai teknik sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 UMKM. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan memakai skala likert. Analisis data pada penelitian memakai metode SEM dengan pendekatan PLS (SEM-PLS). Analisis inferensial dilakukan dengan bantuan software SmartPLS dan analisis deskriptif menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa permintaan pelanggan hijau berhubungan positif dan signifikan terhadap produk hijau. Permintaan pelanggan hijau berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja berkelanjutan. Produk hijau berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja berkelanjutan. Produk hijau secara positif dan signifikan memediasi hubungan antara permintaan pelanggan hijau dengan kinerja berkelanjutan secara mediasi sebagian (partial mediation). Nilai pelanggan tidak terbukti memoderasi hubungan antara permintaan pelanggan hijau dengan produk hijau. Dengan memperhatikan permintaan pelanggan hijau dan menciptakan produk hijau ramah lingkungan, suatu UMKM dapat mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan yang sejalan dengan aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial.

English Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are small industries that have a role in increasing economic growth in Indonesia. Particularly MSMEs in Batu City have a big share in the economy in East Java. However, behind the benefits derived from the existence of these SMEs can also have a negative impact on the environment from the production process to after use. On the other hand, consumers are now getting smarter and aware of the importance of preserving the environment. Consumers who have concern for the environment will be encouraged to use and consume products that are more environmentally friendly. It is from the awareness and concern of the people that this has led to the demand for environmentally friendly green products. Green products have acceptable value for the environment, customers as well as companies. With this, the company will have a positive impact on the sustainable performance of its business. The research was conducted using the variables of green customer demand, customer value, green products, and sustainable performance with 18 research indicators. The research was conducted at Batu City SMEs in the food sector with at least 3 years of existence. Using purposive sampling as a sampling technique with a total of 40 MSME respondents. The data were obtained by distributing questionnaires using a Likert scale. Data analysis in this study used the SEM method with the PLS approach (SEM-PLS). Inferential analysis was carried out with the help of SmartPLS software and descriptive analysis using SPSS software. The results of the study show that green customer demand has a positive and significant relationship to green products. Green customer demand is positively and significantly related to sustainable performance. Green products have a positive and significant relationship to sustainable performance. Green products positively and significantly mediate the relationship between green customer demand and sustainable performance through partial mediation. Customer value is not proven to moderate the relationship between green customer demand and green products. By paying attention to green customer demands and creating environmentally friendly green products, an MSME can achieve sustainable business success that is in line with environmental, economic and social aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Kinerja Berkelanjutan, Partial Least Square, Permintaan pelanggan hijau, Produk Hijau-Sustainable Performance, Partial Least Square, Green customer demand, Green Products
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:45
Last Modified: 17 Jan 2024 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211605
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Firna Andea Nurmaulidya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item