Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Kartu Identitas Anak (KIA) Berbasis Online (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar),

Maesaroh, Heni and Dr. Hermawan, S.IP, M.Si, and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP., (2023) Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Kartu Identitas Anak (KIA) Berbasis Online (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik dibidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang kependudukan yang meliputi tugas dan fungsi mendaftarkan dan menertibkan KTP, KK, serta Akta catatan sipil maupun pencatatan perpindahan penduduk (mutasi). Pelaksanaan pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) adalah program Kemendagri yang pelaksaannya dilimpahkan kepada pemerintah daerah dengan dibantu oleh Disdukcapil. Kabupaten Blitar merupakah slah satu Kabupaten yang diberikan wewenang pelaksanaan program terlebih dahulu oleh Kemendagri. Hal ini dikarenakan Kabupaten Blitar merupakan salah satu Kabupaten dengan pencapain akta kelahiran yang tinggi. Pada tahun 2017 Disdukcapil Kabupaten Blitar telah mencetak sebanyak 6.500 KIA dan pada tahun 2018 menargetkan bisa mencetak sebanyak 15.000 KIA. Sedangkan sasaran KIA di Kabupaten Blitar sendiri yaitu 300.000 anak. Pada tahun 2019 sasaran KIA meningkat menjadi 309.000 anak sedangkan sampai Juni 2019 hanya 30 ribuan KIA yang tercetak. Untuk membantu percepatan pelaksanaan program tersebut Disdukcapil Kabupaten Blitar meluncurkan Aplikasi yang disebut E-SIAP Online. Berdasarkan rumusan masalah diatas, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut adalah Menjelaskan dan menganalisa bagaimana pelaksanaan pelayanan, faktor pendukung dan penghambat dan dampak pelayanan berbasis online yang diberikan dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Blitar menggunakan Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran Online (E-SIAP Online) di Kabupaten Blitar. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, hal ini untuk mengetahui secara lebih mendalam dan terperinci terkait fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi dalam pelayanan publik memiliki beberapa tipologi, seperti inovasi produk, proses, metode pelayanan, kebijakan dan sistem. Terdapat tiga belas faktor pendukung dan beberapa faktor penghambat yang secara teknis memiliki dampak yang bagus pada inovasi pelayanan.

English Abstract

Public service in the field of population administration is one of the tasks carried out by the regional government in order to meet the needs of the community in the population sector which includes the duties and functions of registering and administering KTPs, KKs, and Deeds of civil registration and registration of population transfers (mutation). The implementation of services for making Child Identity Cards (KIA) is a Ministry of Home Affairs program whose implementation is delegated to local governments with the assistance of Disdukcapil. Blitar Regency is one of the Regencies that was given the authority to implement the program first by the Ministry of Home Affairs. This is because Blitar Regency is one of the districts with the highest achievement of birth certificates. In 2017 the Blitar Regency Disdukcapil printed 6,500 KIA and in 2018 targets to print as many as 15,000 KIA. Meanwhile, the target for MCH in Blitar Regency is 300,000 children. In 2019 the MCH target increased to 309,000 children, while until June 2019 only 30 thousand MCH had been printed. To help accelerate the implementation of the program, the Blitar Regency Disdukcapil launched an application called E-SIAP Online. Based on the formulation of the problem above, the objectives to be achieved in this research are to explain and analyze how the implementation of services, supporting and inhibiting factors and the impact of online-based services provided in making Child Identity Cards (KIA) by the District Population and Civil Registration Office (Disdukcapil) Blitar uses an Electronic Online Registration Application System (E-SIAP Online) in Blitar Regency. The author uses a type of qualitative research, this is to find out in more depth and detail regarding the phenomena that occur. The results of the study show that innovation in public services has several typologies, such as product innovation, processes, service methods, policies and systems. There are thirteen supporting factors and several inhibiting factors which technically have a good impact on service innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030748
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Disdukcapil Blitar, E-SIAP Online, Kartu Identitas Anak
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:21
Last Modified: 19 Jan 2024 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211486
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HENI MAESAROH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item