Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada SMA Negeri 9 Malang),

Bellaretta, Velda and Dr. Moh. Said, S.Sos., MAP, and Mochamad Chazienul Ulum,, S.Sos., MAP. (2023) Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada SMA Negeri 9 Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu hal utama dalam proses pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran bertujuan untuk melihat kesesuaian antara proses dengan hasil belajar yang diharapkan. Sebelum masa pandemi, guru masih bertahan pada model pembelajaran konvensional saja, yaitu model pembelajaran secara tatap muka. Pada masa pandemi harus bertransformasi dengan model pembelajaran berbasis teknologi yang dikelola secara jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu bentuk implementasi dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Mengingat di masa pandemi Covid-19. Mengharuskan guru dan siswa untuk mengurangi kegiatan pembelajaran tatap muka yang digantikan oleh pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan adalah Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil dari program pembelajaran jarak jauh ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi dengan berbagai kesulitan yang dihadapi antara lain sebagai berikut. 1) pada awalnya guru kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Front karena belum terbiasa, 2) guru kesulitan melihat aktivitas dan antusiasme serta pengawasan kepada siswa saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena siswa tidak menyalakan kamera saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoom meeting.

English Abstract

The application of learning models is one of the main things in the learning process. It can be said that the application of the learning model aims to see the suitability between the process and the expected learning outcomes. Before the pandemic, teachers still stuck to the conventional learning model, namely the face-to-face learning model. During the pandemic, we had to transform with a technology-based learning model that was managed remotely. Distance learning is one form of implementation of the use of information and communication technology. Remembering during the Covid-19 pandemic. Requires teachers and students to reduce face-to-face learning activities which are replaced by distance learning using online learning. This research is qualitative research with a descriptive approach. The theory used is CIPP Evaluation (Context, Input, Process, Product). The result of this distance learning program is the implementation of distance learning activities during the pandemic with various difficulties faced, including the following. 1) initially the teacher had difficulty using the E-Front application because he was not used to it, 2) the teacher had difficulty seeing activity and enthusiasm as well as supervising students when carrying out distance learning because students did not turn on the camera when carrying out distance learning using zoom meetings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: pembelajaran jarak jauh, covid-19, e-front-distance learning, covid-19, e-front
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 17 Jan 2024 05:21
Last Modified: 17 Jan 2024 05:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211434
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Velda Bellaretta.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item