Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) Terhadap Kepuasan Masyrakat (Studi Pada Kantor DISKOMINFO Kota Malang)

Wardani, Nabila Kusuma and Dr. Lely Indah Mindarti,, MSi. and Rendra Eko Wismanu,, S.AP., M.AP (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) Terhadap Kepuasan Masyrakat (Studi Pada Kantor DISKOMINFO Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi merupakan suatu proses hasil pengembangan dan pemanfaatan suatu produk atau sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Inovasi pelayanan merupakan hal penting dalam penyediaan layanan publik di Indonesia dimana kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi yang semakin maju dan kompetisi global yang semakin ketat dan terbuka. Inovasi pelayanan publik adalah trobosan jenis pelayanan baik yang merupakan ide kreatif yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual. Hal tersebut selaras dengan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Malang melalui SAMBAT Online. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa bersar hubungan dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan SAMBAT Online terhadap kepuasan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dengan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas/independent dan kepuasan masyarakat sebagai variabel terikat/ dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalan 70 responden yang merupakan masyarakat malang yang menggunakan aplikasi SAMBAT Online. Adapaun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi pengolahan data Software Statistical Program and Service Solutions (SPSS) Versi 21. Kualitas pelayanan mendapatkan rata-rata variabel sebesar 2,94 dan kepuasan masyarakat mendapatkan rata-rata variabel sebesar 3,07 Yang artinya tiap-tiap variabel dikatakan sangat baik. Dalam uji regresi didapati hasil penelitian yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat

English Abstract

Innovation is a process resulting from the development and utilization of a product or resource that already existed, so that it has a more meaningful value in order to increase efficiency and effectiveness. Service innovation is an important matter in the provision of public services in Indonesia where the conditions for the development of science and technology are increasingly advanced and global competition is increasingly tight and open. Public service innovation is a breakthrough type of good service which is a creative idea that benefits society. Public service innovation itself does not require a new discovery, but can be a new approach that is contextual. This is in line with the service innovation carried out by the Malang City government through SAMBAT Online. The purpose of this study is to find out how big the relationship is and how much influence the quality of SAMBAT Online services has on community satisfaction. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach with service quality as the independent variable and community satisfaction as the dependent variable. The sample used in this study is 70 respondents who are poor people who use the SAMBAT Online application. The data analysis in this study is descriptive analysis and simple linear regression analysis using the data processing application Software Statistical Program and Service Solutions (SPSS) Version 21. Service quality gets an average variable of 3,07 and community satisfaction gets an average variable as big as 2,94 Which means that each variable is said to be very good. In the regression test, it was found that the results showed that service quality had a positive and significant influence on community satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030751
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Aplikasi SAMBAT Online, Kepuasan Masyarakat, Kantor DISKOMINFO Kota Malang
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:08
Last Modified: 19 Jan 2024 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211424
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Kusuma Wardani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item