Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Program Bantuan Pangan Non Tunai (Studi pada Dinas Sosial Kota Kediri)

Oktaviani, Linda and Drs. Andy Fefta Wijaya,, MDA., Ph,D and Martina Purwaning Diah,, SAP., MAP (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Program Bantuan Pangan Non Tunai (Studi pada Dinas Sosial Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi peningkatan kualitas pelayanan dalam program bantuan pangan non tunai di Dinas Sosial Kota Kediri. Program ini memiliki peran yang penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Namun, dalam pelaksanaannya, seringkali terjadi berbagai tantangan yang memengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan kepada penerima manfaat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif dengan tujuan mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data dari kegiatan lapangan, serta melakukan interaksi sosial melalui wawancara dan observasi. Metode penelitian ini digunakan untuk menjelaskan strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Program Bantuan Pangan Non Tunai Studi pada Dinas Sosial Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun upaya telah dilakukan untuk memperbaiki layanan, masih ada sejumlah tantangan yang perlu diatasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Program BPNT, perlu ada peningkatan dalam beberapa aspek, termasuk pendekatan kepada penerima bantuan, pengelolaan teknologi, dan koordinasi antarinstansi. Implementasi strategi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan efektivitas program bantuan pangan non tunai dan memberikan dampak yang lebih positif bagi masyarakat penerima manfaat.

English Abstract

This study aims to analyze and to develop strategies for improving the quality of service in the non-cash food assistance program at the Social Department of Kediri City. This program has a crucial role in supporting the welfare of the community and reducing poverty. However, in its implementation, various challenges often affect the quality of services that has been provided to beneficiaries. This research utilizes descriptive research with a qualitative approach to collect, analyze, and manage data from field activities and to engage in social interactions through interviews and observations. This research method is employed to elucidate the strategies applied to enhance the quality of service in the Non-Cash Food Assistance Program, a case study at the Social Department of Kediri City. Based on the research findings, it is evident that, despite efforts to improve the services, there are still several challenges that need to be addressed. To enhance the quality of service in the Non-Cash Food Assistance Program, improvements are required in several aspects, including the approach to beneficiaries, technology management, and inter-agency coordination. The implementation of these strategies is expected to help improve the effectiveness of the non-cash food assistance program and have a more positive impact on the beneficiary community

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030728
Uncontrolled Keywords: strategi, kualitas pelayanan, program bantuan pangan non tunai, kemiskinan, dinas sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:14
Last Modified: 19 Jan 2024 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211330
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Linda Oktaviani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item