Kualitas Pelayanan Administrasi Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (Studi pada Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS) Cabang Kota Malang)

Tifani S,, Laurena and Hermawan,, DR., S.IP., M.SI and Rispa Ngindana,, S.AP.,M.AP (2023) Kualitas Pelayanan Administrasi Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN (Studi pada Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS) Cabang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada perkembangannya di era sekarang manusia lebih memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhannya. Pemerintah sebagai penyedia layanan publik harus mampu untuk mengatasi hal tersebut. Pelayanan publik yang memanfaat kemajuan teknologi dan informasi merupakan konsep dari Electronic Government. Pemerintah sebagai penyedia harus mampu mengikuti perkembangan zaman dalam menyelenggrakan pelayanan publik. Untuk peningkatan pelayanan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menghadirkan inovasi aplikasi mobile JKN. Kehadiran aplikasi mobile JKN bertujuan untuk mempermudah peserta JKN dalam memperoleh dan medapatkan informasi yang lebih efektif dan efisien. Penggunaan aplikasi mobile JKN semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga pemerintah BPJS harus memperhatikam dam melakukan pengembangan terhadap kualitas pelayanan administrasi kesehatan melalui aplikasi mobile JKN. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan administrasi kesehatan melalui aplikasi mobile JKN, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan aplikasi mobile JKN serta mengetahui dampak setelah kehadiran aplikasi mobile jkn ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan melalui pengukuran kualitas pelayanan administrasi kesehatan melalui aplikasi mobile jkn dapat dilihat dari Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, dan Contact. Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan aplikasi mobile JKN, serta dampak setelah penggunaan aplikasi mobile JKN dapat dlihat melalui jumlah pengunjung, besarnya pengurangan biaya, peningkatan layanan baru serta kemudahan dalam menggunakan pelayanan. Kesimpulan penelitian ini adalah Kualitas pelayanan administrasi kesehatan sudah sesuai dengan semestinya, tetapi dengan seiring waktu sistem aplikasi mobile akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Faktor pendukung dalam penggunaan aplikasi mobile jkn pihak BPJS terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk penggunaan aplikasi mobile JKN, serta untuk dampak yang dirasakan oleh pengguna aplikasi mobile JKN sangat membantu dan mempermudah masyarakat dalam pengurusan pelayanan administrasi kesehatan.

English Abstract

In its development in the current era, humans utilize technology more to meet their needs. As a public service provider, the government must overcome this. Public services that take advantage of advances in technology and information are the concept of Electronic Government. As a provider, the government must be able to keep up with the times in providing public services. The Social Security Organizing Agency (BPJS) presents the JKN mobile application innovation to improve health services. The presence of the JKN mobile application aims to make it easier for JKN participants to obtain information more effectively and efficiently. The use of JKN mobile applications is increasing every year. So that the BPJS government must pay attention and develop the quality of health administration services through the JKN mobile application. The purpose of this study is to describe the quality of health administration services through the JKN mobile application, find out the supporting and inhibiting factors in the use of the JKN mobile application and find out the impact after the presence of this JKN mobile application. This type of research is a descriptive and qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The research results obtained by measuring the quality of health administration services through the JKN mobile application can be seen from Reliability, Efficiency, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, and Contact. Supporting and inhibiting factors in using the JKN mobile application, as well as the impact after using the JKN mobile application, can be seen through the number of visitors, the amount of cost reduction, the improvement of new services, and the ease of using services. This study concludes that the quality of health administration services is as it should be. However, over time the mobile application system will continue to be developed to meet the needs of its users. Supporting factors in the use of the JKN mobile application, BPJS continues to socialize and educate the public about the use of the JKN mobile application, as well as for the impact felt by JKN mobile application users are very helpful and facilitate the community in managing health administration services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030723
Uncontrolled Keywords: Electronic Government, Kualitas pelayanan, Dampak, Aplikasi mobile JKN
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:49
Last Modified: 18 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211274
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laurena Tifani S.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item