Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi pada SMA Negeri 77 Jakarta).

Sulistiati, Rahma Dian and Dr. Drs. Suryadi, MS and Taufiq Akbar Al Fajri, SS.,M.Pd. (2023) Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi pada SMA Negeri 77 Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar berdasarkan Edward III yang meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 77 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 77 Jakarta sudah cukup efektif, yang dinilai dari empat aspek Edward III: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Namun, pada aspek sumber daya masih perlu perbaikan, khususnya terkait dengan jumlah guru aspek anggaran. Selain itu, ada dua faktor internal terkait dengan guru, yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar. Faktor-faktor ini mencakup kemampuan untuk membuat kurikulum yang sesuai dengan karakteristik khusus siswa, dan kapasitas untuk menyesuaikan dan mengakomodasi. Oleh karena itu, temuan penelitian merekomendasikan SMA Negeri 77 Jakarta untuk menambah jumlah pengajar, menyediakan anggaran yang cukup. memberikan pemahaman serta pelatihan bagi para guru yang belum bisa beradaptasi dengan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, dan melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala perlu dilakukan untuk menilai pencapaian, hambatan, dan kesulitan yang dihadapi selama implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar.

English Abstract

This study focuses on the implementation of the Emancipated Learning Curriculum policy based on Edward III, which includes communication, resources, dispositions, and bureaucratic structure. The purpose of this study is to analyze and describe the implementation of the Emancipated Learning Curriculum policy at SMA Negeri 77 Jakarta. This study is qualitative research that uses a descriptive approach. Furthermore, the analysis used Miles and Huberman model. This study demonstrates that the implementation of the Emancipated Learning Curriculum policy at SMA Negeri 77 Jakarta has been fairly effective, as assessed through four aspects of Edward III: communication, resources, dispositions, and bureaucratic structure. However, there is room for improvement in terms of resource allocation, particularly regarding budgetary provisions. Furthermore, there are two internal factors related to the teachers both supporting and inhibiting the implementation of the Emancipated Learning Curriculum policy. These factors include the ability to create a curriculum that aligns with the specific characteristics of the students, and the capacity to adjust and accommodate accordingly. Hence, the findings of the study recommend that SMA Negeri 77 Jakarta should increase the number of teachers, provide sufficient budget, provide understanding and training for teachers who have not been able to adapt to the Emancipated Learning Curriculum policy. Furthermore, regular monitoring and evaluation should be conducted to assess the achievements, barriers, and difficulties encountered during the implementation of the Emancipated Learning Curriculum policy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan, Kurikulum Merdeka Belajar-Public Policy, Policy Implementation, Emancipated Learning Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:42
Last Modified: 16 Jan 2024 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210809
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahma Dian Sulistiati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item