Efektivitas Pasal 4 Huruf A Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Hak Atas Kenyamanan, Keamanan Dan Keselamatan Konsumen Jasa Hotel (Studi Di Hotel The 1o1 Malang Oj)

Wibowo, Chita and Dr. Djumikasih, S.H., M.H and Rumi Suwardiyati, S.H., M.Kn (2023) Efektivitas Pasal 4 Huruf A Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Hak Atas Kenyamanan, Keamanan Dan Keselamatan Konsumen Jasa Hotel (Studi Di Hotel The 1o1 Malang Oj). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan penerapan Pasal 4 huruf a Undang Undang no 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang mengatur terkait hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen dalam menggunakan barang atau jasa mengatur. Pilihan tema ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan yang timbul dari masyarakat selaku konsumen hotel yang pada akhirnya telah menunjukkan bahwa masih terdapat pelanggaran hak hak konsumen saat menginap di Hotel salah satunya terkait kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen hotel. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana efektivitas penegakan pasal 4 huruf a Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada penyedia jasa layanan Hotel The 1O1 Malang OJ? (2) Bagaimana pertanggungjawaban penyedia jasa layanan Hotel The 1O1 Malang OJ apabila terjadi hal-hal yang merugikan konsumen? Pada penulisan karya tulis ini menggunakan metode sosio legal atau yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Hotel The 1O1 Malang OJ, dan konsumen Hotel The 1O1 Malang OJ. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Hotel The 1O1 Malang OJ. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam penerapan pasal 4 huruf a Undang Undang no 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terkait hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen hotel tidak terlaksana dengan efektif. Hal ini dapat diketahui dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan teori dari Soerjono Soekanto mengenai faktor-faktor penegakan hukum, yaitu terbagi atas faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat dan faktor budaya. Dengan tidak terlaksananya peraturan tersebut dengan efektif mengakibatkan pihak Hotel The 1O1 Malang OJ untuk melaksanakan pertanggungjawabannya kepada konsumen hotel tersebut. Namun upaya yang dilakukan pihak Hotel The 1O1 Malang OJ belum bisa memberikan pertanggungjawaban sesuai dengan pasal 19 ayat (1) dan (2) UUPK. Yang mana mengakibatkan konsumen hotel tidak mendapatkan ganti rugi dengan layak atas hak haknya

English Abstract

In this thesis, the author raises the issue of the implementation of Article 4 letter a act No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection which regulates the rights of comfort, safety and consumer safety in using goods or services. The choice of this theme was motivated by complaints arising from the public as hotel consumers which ultimately demonstrate that there are still violations of consumer rights, particularly regarding the comfort, security, and safety of hotel consumers. Based on the above, this paper addresses the following research questions: (1) the effectiveness of the implementation of Article 4 letter a of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection regarding services provided by the 101 Malang OJ Hotel? and (2) the responsibility of the hotel service provider for the loss the consumers have to bear? This thesis employs a socio-legal or empirical legal method with a socio-legal approach. The data obtained is analyzed using qualitative descriptive techniques. Data collection is done through interviews with the Department of Youth, Sports, and Tourism of Malang City, The 1O1 Malang OJ Hotel, and consumers of The 1O1 Malang OJ Hotel. The research is conducted at the Department of Youth, Sports, and Tourism of Malang City and The 1O1 Malang OJ Hotel. From the results of the research conducted using the above method, The research result reveals that the Implementation of Article 4 letter a of Law Number 8 of 1999 has not been effectively implemented. Viewed from the theory introduced by Soerjono Soekanto, the impeding factors of this issue involve law, law enforcers, infrastructure and facilities, the members of the public, and culture. This ineffective implementation has given rise to the responsibility that the hotel has to perform for its customers, but the measures taken by the hotel do not ensure that the responsibility complies with Article 19 Paragraphs (1) and (2) of Consumer Protection Law, leaving the customers with no decent compensation to cover the violated rights

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Samuri
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:19
Last Modified: 16 Jan 2024 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210757
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chita Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item