Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan dan Pelatihan di Pemerintah Kota Malang

Arofah, Riska Fitriyatul (2023) Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan dan Pelatihan di Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan Sumber Daya Aparatur melalui pendidikan dan pelatihan merupakan hal yang sangat perlu dilakukan untuk penguatan organisasi, meningkatkan kualitas dan reformasi kelembagaan karena Aparatur Sipil Negara harus selalu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Setiap pegawai memerlukan pengembangan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menghindari kemungkinan hal-hal buruk terjadi dan meningkatkan pekerjaannya agar lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis pelaksanaan seperti analisis kebutuhan, jenis diklat, pelaksanaan diklat yang meliputi, materi, metode, media, instruktur dan evaluasi serta dampak diklat terhadap knowledge, skill dan attitude pengembangan sumber daya aparatur melalui pendidikan dan pelatihan di Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuanlitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Malang sedangkan situsnya berada di BKPSDM Kota Malang dan beberapa organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan melalui pendidikan dan pelatihan dilaksanakan dengan cukup baik karena didaskan pada analisis kebutuhan yang diusulkan atau dibutuhkan oleh setiap OPD di Pemerintah Kota Malang dan sesuai dengan teori Iswan yaitu pelaksanaan diklat meliputi materi, metode, media, instruktur dan evaluasi. Evaluasi dilakukan pada saat diklat berlangsung dan juga setelah diklat dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Dampak yang dihasilkan secara knowledge dan attitude sangat dirasakan oleh peserta diklat sedangkan dampak terhadp skill hanya didapatkan oleh peserta dengan jenis diklat teknis. Faktor yang masih menjadi kendala adalah anggaran yang masih terbatas, kualitas sumber daya manusia dan tempat pelaksanaan di Pemerintah Kota Malang yang masih terbatas sehingga pelaksanaan diklat tidak bisa dilakukan secara murni oleh BKPSDM Kota Malang.

English Abstract

Development of Apparatus Resources through education and training is something that really needs to be done to strengthen the organization, improve quality and institutional reform because the State Civil Apparatus must always adapt to all changes. Every employee needs development through education and training to avoid the possibility of bad things happening and improve his work so that it is more optimal. This study aims to identify, describe and analyze implementation such as needs analysis, types of training, implementation of training which includes, materials, methods, media, instructors and evaluation as well as the impact of training on knowledge, skills and attitude of developing apparatus resources through education and training in government Malang city. This research uses descriptive research with a quantitative approach. This research is located in Malang City, while the site is located at BKPSDM Malang City and several regional apparatus organizations in Malang City Government. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The data sources used are primary data obtained from interviews and secondary data obtained from related documents. The results showed that the implementation of development through education and training was carried out quite well because it was based on a needs analysis proposed or required by each OPD in the Malang City Government and in accordance with Iswan's theory, namely the implementation of training including materials, methods, media, instructors and evaluation. Evaluation is carried out during the training and also after the training is carried out by distributing questionnaires. The impact that is produced in terms of knowledge and attitude is felt by the training participants, while the impact on skills is only obtained by participants with this type of technical training. Factors that are still an obstacle are the still limited budget, the quality of human resources and the implementation venues in the Malang City Government which are still limited so that the implementation of education and training cannot be carried out purely by the Malang City BKPSDM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030027
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, Aparatur Sipil Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210730
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RISKA FITRIYATUL AROFAH.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item