Persepsi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Layanan e-SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan) di Kota Bogor

Febrianto, Muhammad Reza and Dr., Drs. Siswidiyanto,, MS and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Layanan e-SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan) di Kota Bogor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan salah satu penerimaan terbesar yang dapat diperoleh oleh negara. Pajak termasuk dalam sumber utama penerimaan terbesar di Indonesia dan menjadi sumber penerimaan yang dapat digunakan dalam membiayai Pembangunan Nasional Indonesia. Namun pada tahun 2020 pajak daerah pulau jawa tidak ada yang mencapai 100 % realisasi pajak daerah. Jawa Barat menjadi pulau realisasi paling kecil dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu penyebab realisasi yang tidak capai target dikarenakan tingkat kepatuhan wajib pajak yang rendah. Kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan perpajakan yang diberikan kepada wajib pajak. Penerapan sistem pelayanan perpajakan secara manual sering kali mengalami permasalahan yang berdampak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak, seperti proses yang memakan banyak waktu dan tidak ekonomis. Hal tersebut yang menjadikan pajak daerah sering tidak mencapai target. Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor sebagai pengelola pajak daerah Kota Bogor meluncurkan inovasi Bernama e-SPPT PBB yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kualitas pelayanan perpajakan dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini mengajukan tiga pertanyaan: “Apakah persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak?” “Apakah persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak?” “apakah persepsi kemudahan dan kemanfaatan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak?” Penelitian dalam skripsi ini, dengan menggunaan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian survey. Dua konsep, yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan pengguna di elaborasi menggunakan kuesioner. Pertanyaan diajukan kepada 100 pengguna e-SPPT PBB Kota-Bogor. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis mengungkapkan persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan yang diberikan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal tersebut berdasarkan hasil nilai f-value kedua variable independent terhadap variable dependen lebih besar dibandingkan f-tabel. Berkenaan dengan hal tersebut di atas, ada dua saran perbaikan pada kualitas layanan yang semestinya dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor yaitu kemudahan penggunaan sistem dari segi operasional dan tampilan yang sederhana, penambahan manfaat seperti wajib pajak dapat mudah dalam melakukan registrasi, mendaftarkan SPPT PBB, melihat tagihan, dan pembayaran SPPT PBB, kemudian melakukan sosilasi terkait aplikasi tersebut melalui website atau sosial media Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor.

English Abstract

Tax is one of the largest revenues that can be obtained by the state. Taxes are included in the largest main source of revenue in Indonesia and are a source of revenue that can be used to finance Indonesia's National Development. However, in 2020 no regional taxes on the island of Java have reached 100% local tax realization. West Java is the smallest island of realization compared to Central Java and East Java. One of the causes of realization that did not reach the target is due to the low level of taxpayer compliance. Taxpayer compliance is influenced by the quality of tax services provided to taxpayers. The implementation of a manual tax service system often experiences problems that affect the level of taxpayer compliance, such as a process that takes a lot of time and is not economical. This is what makes local taxes often do not reach the target. The Regional Revenue Agency for the City of Bogor as the regional tax manager for the City of Bogor launched an innovation called e-SPPT PBB which aims to increase the level of quality of tax services and increase taxpayer compliance. In this regard, this study asks three questions: "Does perceived convenience have a positive and significant effect on taxpayer compliance?" "Does the perception of expediency have a positive and significant effect on taxpayer compliance?" "Does the perception of convenience and usefulness simultaneously have a positive and significant effect on taxpayer compliance?" The research in this thesis uses a quantitative approach, this type of survey research. Two concepts, namely perceived convenience and perceived usefulness of users, were elaborated using a questionnaire. Questions were asked to 100 City-Bogor PBB e-SPPT users. The data obtained were then analyzed with multiple linear regression. The results of the analysis reveal that perceptions of convenience and perceived usefulness provided by the Regional Revenue Agency of Bogor City have an effect on taxpayer compliance. This is based on the results of the f-value values of the two independent variables on the dependent variable which are greater than the f-table. With regard to the above, there are two suggestions for improving the quality of service that should be carried out by the Regional Revenue Agency for the City of Bogor, namely ease of use of the system from an operational and simple appearance point of view, additional benefits such as taxpayers being able to easily register, register the PBB SPPT, see bills, and SPPT PBB payments, then conduct outreach regarding the application through the website or social media of the Bogor City Regional Revenue Agency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030680
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Elektornik
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:52
Last Modified: 17 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210720
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Reza Febrianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item