Analisis SWOT dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Penerbit Buku Yogyakarta (Studi Kasus Pada CV. Relasi Inti Media).

Riando,, Rion (2023) Analisis SWOT dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Penerbit Buku Yogyakarta (Studi Kasus Pada CV. Relasi Inti Media). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan strategi pemasaran penerbit buku jogja yang dijalankan melalui analisis SWOT serta untuk memaksimalkan strategi pemasaran penerbit buku jogja dalam menjalankan situasi modern digital marketing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sub desain deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini mencakup strategi pemasaran yang dilaksanakan CV. Relasi Inti Media, yang berlokasi di Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa matriks SWOT yang terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, serta Threats. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran CV. Relasi Inti Media terdiri dari dua jenis yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh CV. Relasi Inti Media. Kekuatan terdiri dari kualitas produk merupakan standart buku nasional (mengutamakan kualitas produk). Kelemahan terdiri dari mesin produksi cetak buku masih menyewa. Sedangkan dari faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman. Peluang yang dimiliki CV. Relasi Inti Media yaitu pendapatan perkapita setiap tahun meningkat. Ancaman terdiri dari ersaingan antar penerbit dan penerbit buku bajakan. Alternatif strategi yang paling tepat digunakan yaitu mengoptimalkan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi untuk memperkenalkan merk dagang agar jangkauan lebih luas.

English Abstract

This study aims to determine the weaknesses and strengths of the Jogja book publisher's marketing strategy which is carried out through SWOT analysis and to maximize the Jogja book publisher's marketing strategy in carrying out a modern digital marketing situation. This type of research is a qualitative research with a qualitative descriptive sub design. The population in this study includes the marketing strategy implemented by CV. Inti Media Relations, which is located in Pandeyan, Kec. Umbulharjo, City of Yogyakarta, Special Region of Yogyakarta. Data collection techniques in this study used interviews, documentation, and observation. Data analysis used in this study is a SWOT matrix analysis consisting of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. The results of this study indicate that the factors that influence the marketing strategy of CV. Inti Media relations consist of two types, namely internal and external factors. Internal factors consist of strengths and weaknesses owned by CV. Core Media Relations. Strength consists of product quality which is a national book standard (prioritizing product quality). Weaknesses consist of still renting book printing production machines. While the external factors consist of opportunities and threats. Opportunities owned by CV. The relationship between Inti Media is that per capita income increases every year. Threats consist of competition between publishers and pirated book publishers. The most appropriate alternative strategy is to optimize marketing by utilizing technology to introduce trademarks so that the reach is wider.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030024
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:34
Last Modified: 16 Jan 2024 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210683
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rion Riando.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item