Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kependudukan di Kabupaten Blitar

Pambudi, Rio Agus , (2023) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kependudukan di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelenggaraan administrasi kependudukan merupakan salah satu pelayanan publik yang sering mendapat keluhan dari masyarakat yang disebabkan oleh berbagai hal, sehingga masalah tersebut harus dibenahi oleh pemerintah. Pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat dalam hal penerbitan dokumen kependudukan. Indeks kepuasan masyarakat (IKM) merupakan salah satu indikator atau tolak ukur bagi penyelenggara pelayanan publik untuk mengetahui gambaran umum tentang pelayanan kepada masyarakat, sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk melihat seberapa baik atau buruk pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Nilai IKM dapat diperoleh melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai penerima layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar yang dinilai dengan menggunakan Survei Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Survei kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar yang dinilai dengan menggunakan Survei Kepuasan Masyarakat memunjukkan nilai 96,14. Nilai ini masuk dalam kategori A, yaitu sangat baik.

English Abstract

The implementation of population administration is one of the public services that often receives complaints from the public due to various reasons, so the government must fix this problem. in terms of issuance of population documents. The community satisfaction index (IKM) is an indicator or benchmark for public service providers to find out a general description of services to the community, so that an evaluation can be carried out to see how good or bad the public services are provided to the community. SMI scores can be obtained through a Community Satisfaction Survey (SKM) as service recipients. This study aims to determine and describe the level of community satisfaction with the public services provided by the Blitar Regency Population and Civil Registry Service as assessed using a Community Satisfaction Survey. This study uses a quantitative approach to the survey method. The data analysis technique was carried out using the Community Satisfaction Survey (SKM) analysis technique based on the Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform Number 14 of 2017. The results showed that community satisfaction with services at the Blitar Regency Population and Civil Registration Office was assessed using a Satisfaction Survey Society shows a value of 96.14. This value is included in category A, which is very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030023
Uncontrolled Keywords: Survei Kepuasan Masyarakat, pelayanan publik.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:26
Last Modified: 16 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210671
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rio Agus Pambudi.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item