Pelaksanaan Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik(SIAPEL) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang).

Sigalingging, Giofanny and Dr. Drs. Tjahjanulin, MS and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2023) Pelaksanaan Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik(SIAPEL) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik adalah segala bentuk kegiatan pelayanan umum yang dilaksanakan oleh Instansi Pemerintahan di Pusat dan Daerah, dalam bentuk barang, jasa dan administratif, dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan undang undang yang berlaku. Salah satu pelayanan publik adalah pelayanan administrasi kependudukan. Dalam pelayanan publik pemerintah membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga mumungkinkan pelayanan berbasis Sistem Informasi Aplikasi. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan berbasis elektronik dengan memunculkan SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik). Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan SIAPEL dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Malang dengan situs penelitian berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dengan informan yang berkaitan sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tema yang diambil. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantunya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan SIAPEL dalam pelayanan admistrasi kependudukan meliputi komponen input, output, basis data, model, dan kontrol. Namun terdapat beberapa komponen yang masih belum maksimal dalam pelaksanaannya. Komponen yang melibatkan masyarakat, menjadi hambatan dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa hambatan lainnya yang meliputi tautan aktivasi akun yang tidak terkirim, kurangnya partisipasi masyarakat, perwatan website, dan tidak terdapat standar pelayanan khusus SIAPEL. Saran untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang selaku organisasi pemerintah yang menyediakan pelayanan adalah meningkatkan proses layanan yang melibatkan masyarakat, meningkatkan koordinasi dengan pihak lain yang ikut serta dalam pelayanan SIAPEL, memaksimalkan dan memperbaiki pola perawatan website, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, serta menyusun dan menetapkan standar pelayanan khusus SIAPEL.

English Abstract

Public services are all forms of public service activities carried out by Central and Regional Government Agencies, in the form of goods, services and administration, both in meeting the needs of the community in accordance with applicable laws. One of the public services is the population administration service. In public services, the government forms an Electronic-Based Government System (SPBE) so that services based on Application Information Systems are possible. The City Government of Malang through the Department of Population and Civil Registration of Malang City carries out electronic-based population administration services by creating SIAPEL (Electronic Service Application Information System). This study describes the implementation of SIAPEL with a qualitative approach. This research is located in Malang City with the research site being at the Department of Population and Civil Registration. Primary data sources were obtained from several interviews with relevant informants while secondary data were obtained from documents related to the themes taken. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as interview guidelines and tools. The results of this study conclude that the implementation of SIAPEL in population administration services includes input, output, database, model, and control components. However, there are several components that are still not optimal in its implementation. Components that involve the community become obstacles in its implementation. This research also found several other obstacles which included unsent account activation links, lack of community participation, website maintenance, and no special SIAPEL service standards. Suggestions for the Department of Population and Civil Registration of Malang City as a government organization that provides services are to improve service processes that involve the community, improve coordination with other parties who participate in SIAPEL services, maximize and improve website maintenance patterns, carry out outreach to the community, and compile and set SIAPEL special service standards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030649
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Kependudukan, SIAPEL, Electronic Government, Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:10
Last Modified: 17 Jan 2024 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210644
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Giofanny Sigalingging.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item