Efektivitas Ombudsman Jakarta Raya Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Substansi Keagrariaan

Wisnumurti, Gina Putri and Mochamad Rozikin, Dr. Drs, M.A.P. and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA. (2023) Efektivitas Ombudsman Jakarta Raya Dalam Penyelesaian Laporan Maladministrasi Substansi Keagrariaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan dari Ombudsman Jakarta Raya merupakan Perwakilan Ombudsman terakhir (ke-34) yang dibentuk sehingga melengkapi keberadaan Perwakilan Ombudsman yang berada di 34 provinsi di Indonesia. Penelitian ini memiliki urgensi terkait dengan permasalahan maladministrasi dalam pelayanan publik, dimana Ombudsman yang memiliki tugas dalam menyelidiki laporan yang diadukan oleh masyarakat. Jakarta Raya merupakan salah satu wilayah dengan aktivitas perekonomian yang tinggi dan kompleks, termasuk dalam sektor keagrariaan yang melibatkan permasalahan atas hak-hak tanah dan properti. Kejelasan dan keadilan dalam penyelesaian laporan maladministrasi menjadi sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik dari pemerintah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan fokus Penelitian yaitu 1). Tepat sasaran; 2). Tepat waktu; 3) Tercapainya tujuan; 4). Perubahan nyata. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder diperoleh dari wawancara dan dokumen-dokumen. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan ketepatan waktu dalam mencapai efektivitas masih belum baik, melihat penyelesaian laporan dari Ombudsman JKR masih mengalami keterlambatan dimana melewati ketentuan waktu berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. Faktor penghambat yang mempengaruhi Ombudsman termasuk terbatasnya sumber daya dan jumlah personel yang tersedia sangat mempengaruhi waktu dalam proses penyelesaian laporan sehingga memakan waktu lama. Di sisi lain, fokus tepat sasaran masih belum menghasilkan penyelesaian yang efektif dikarenakan laporan maladministrasi tidak terselesaikan sepenuhnya. Sedangkan Tercapainya Tujuan dan Perubahan nyata telah berjalan secara baik dalam memberikan perbaikan dan tindakan kepada instansi. Sehingga hal tersebut terdorong oleh faktor pendukung seperti transparansi dan partisipasi masyarakat yang membantu mempertahankan kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, Ombudsman JKR masih perlu berupaya untuk memperbaiki keterlambatan waktu dalam menyelesaikan laporan agar efektivitasnya dapat meningkat secara menyeluruh. Ketepatan waktu menjadi urgensi pelayanan publik yang mengharuskan tanggapan dan tindakan yang cepat terhadap masalah yang dilaporkan.

English Abstract

The presence of the Jakarta Raya Ombudsman is the last Ombudsman Representative (34th) to be formed, thus completing the presence of Ombudsman Representatives in 34 provinces in Indonesia. This research has an urgency related to the problem of maladministration in public services, where the Ombudsman has the task of investigating reports complained by the public. Jakarta Raya is an area with high and complex economic activity, including in the agrarian sector which involves issues over land and property rights. Clarity and fairness in resolving maladministration reports are very important to maintain public trust in government public services. This type of research is descriptive with a qualitative and focused approach Research namely 1). Right on target; 2). On time; 3) Achievement of goals; 4). Real change. The types and sources of data used are primary data and secondary data obtained from interviews and documents. The analytical method used is the Miles and Huberman interactive analysis model. Based on the research results, it shows that timeliness in achieving effectiveness is still not good, seeing that the completion of reports from the JKR Ombudsman is still experiencing delays which exceed the time requirements based on established regulations. Inhibiting factors that influence the Ombudsman include limited resources and the number of personnel available which greatly influences the time in the report completion process so that it takes a long time. On the other hand, the focus on achieving goals has not resulted in effective resolution because maladministration reports have not been completely resolved. Meanwhile, the achievement of goals and real changes has been effective in providing improvements and actions to agencies. Based on this, the JKR Ombudsman still needs to make efforts to improve the time delay in completing the report so that its effectiveness can increase overall. Timeliness is a public service urgency that requires quick responses and actions to reported problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030647
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Ombudsman, Maladministrasi, Keagrariaan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:09
Last Modified: 17 Jan 2024 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210609
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gina Putri Wisnumurti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item