Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi, dan Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Aplikasi Mypertamina (Studi pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Mypertamina di Kota Malang)

Falaq, Ghayah Nur and Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si. and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2023) Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi, dan Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Aplikasi Mypertamina (Studi pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Mypertamina di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

MyPertamina merupakan aplikasi e-government, diluncurkan sebagai program loyalty dan e-payment yang diharapkan dapat menerapkan transaksi non-tunai. Selain itu, My Pertamina digunakan untuk penjualan BBM bersubsidi agar tepat sasaran. Namun hal ini masih diperbincangkan oleh kalangan masyarakat terkait kualitas aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas sistem terhadap tingkat kepuasan masyarakat, pengaruh kualitas informasi terhadap tingkat kepuasan masyarakat, pengaruh kepuasan pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat, pengaruh secara simultan antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang yang menggunakan Aplikasi MyPertamina. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 336 responden yang dilakukan pada periode April-Juni 2023 dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online dalam bentuk Google Form. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat. variabel kualitas informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat. variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat. variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat.

English Abstract

MyPertamina is an e-government application launched as a loyalty and e-payment program aimed at promoting cashless transactions. Additionally, MyPertamina is used for the targeted distribution of subsidized fuel (BBM bersubsidi). However, this aspect is still a subject of discussion among the public regarding the quality of this application. This research aims to analyze and explain the influence of system quality on public satisfaction level, the influence of information quality on public satisfaction level, the influence of service satisfaction on public satisfaction level, and the simultaneous effect of system quality, information quality, and service quality on public satisfaction level. This study employs the explanatory research method with a quantitative approach. The population for this research consists of the residents of Malang City who use the MyPertamina application. The sampling method used is purposive sampling, with 336 respondents surveyed from April to June 2023, using an online questionnaire in the form of a Google Form. The data collected is analyzed through descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SPSS 25 for Windows. The results of this research indicate that the system quality variable has a positive and significant effect on public satisfaction level. The information quality variable also has a positive and significant effect on public satisfaction level. Similarly, the service quality variable has a positive and significant effect on public satisfaction level. Simultaneously, the variables of system quality, information quality, and service quality collectively have a positive and significant effect on public satisfaction level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030644
Uncontrolled Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, MyPertamina, Kota Malang
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:02
Last Modified: 17 Jan 2024 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210541
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ghayah Nur Falaq.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item