Analisa Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Strategi Pengembangan Usaha Alir Coffee & Roastery Kabupaten Malang

Maries, Stella and Jaya Mahar Maligan,, STP., MP. (2023) Analisa Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Strategi Pengembangan Usaha Alir Coffee & Roastery Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RINGKASAN Alir Coffee & Roastery adalah sebuah usaha mikro di Kabupaten Malang yang bergerak dalam usaha pengolahan biji mentah menjadi kopi. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Alir Coffee & Roastery yang dapat membantu untuk mengidentifikasi atribut yang kinerjanya masih kurang memuaskan. Setelah diketahui tingkat kepuasan pelanggan, dibuat strategi pengembangan usaha untuk Alir Coffee & Roastery. Tingkat kepuasan dinilai menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) yang didapat senilai 85.64% yang berarti konsumen telah puas dengan produk Alir Coffee & Roastery. Hasil analisis Importance Performance Index (IPA) menunjukkan atribut yang paling mendesak untuk dipebaiki kinerjanya ialah atribut kemudahan dalam mendapatkan informasi produk. Nilai Internal Factor Analysis (IFAS) sebesar 2,8 dan nilai Eksternal Factor Analysis (EFAS) adalah 2,9. Strategi pengembangan bisnis yang dapat dilakukan yakni di area rencana usaha, produk dan pemasaran

English Abstract

RINGKASAN Alir Coffee & Roastery is a micro business in Malang Regency which is engaged in processing raw beans into coffee. This study aims to determine the level of customer satisfaction with Alir Coffee & Roastery products which can help to identify attributes whose performance is still unsatisfactory. After knowing the level of customer satisfaction, a business development strategy was created for Flow Coffee & Roastery. The level of satisfaction was assessed using the Customer Satisfaction Index (CSI) which was obtained at 85.64%, which means that consumers are satisfied with Alir Coffee & Roastery products. The results of the Importance Performance Index (IPA) analysis show that the most urgent attribute to improve its performance is the ease of obtaining product information. The Internal Factor Analysis (IFAS) value is 2,8 and the External Factor Analysis (EFAS) value is 2,9. Business development strategies that can be carried out are in the area of business plans, products and marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Alir Coffee & Roastery, CSI, IPA, IFAS, EFAS, SWOT, Pengembangan usaha
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:49
Last Modified: 15 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210451
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Stella Maries.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item