Pengaruh Fasilitas, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dine In Tell Kopi Kediri.

Siwi Anggraini, Putri and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. and Jedda Ayu Inggrida,, SP., M.Si. (2023) Pengaruh Fasilitas, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dine In Tell Kopi Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bermula dari adanya covid 19 yang menyebar di wilayah Indonesia pada Maret 2020 menyebabkan pemerintah harus mengambil tindakan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus covid 19. Hal ini menyebabkan pemerintah mengambil kebijakan seperti adanya pemberlakukan PPKM. Adanya kebijakan ini berpengaruh terhadap UMKM berupa penurunan penjualan produk, penurunan omset, pemberhentian karyawan, serta ada pula yang menutup usahanya. Berdasarkan suvey BPS Nasional pada Juli dan Oktober 2020, menunjukkan hasil bahwa 84,20% dan 67,77% skala usaha mengalami penurunan pendapatan termasuk Tell Kopi Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses keputusan pembelian konsumen dine in Tell Kopi Kediri serta menganalisis pengaruh fasilitas, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dine in Tell Kopi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan di Tell Kopi kediri dengan jumlah sampel 96 yang ditentukan dengan rumus Lemeshow. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan software SEM-PLS pendekata WarPLS 7.0. Hasil Penelitian karakteristik responden dikategorikan menjadi beberapa kelompok yaitu jenis kelamin, usia, tempat tinggal, dan pekerjaan. Responden penelitian di dominasi oleh perempuan dengan jumlah 68%, dominasi usia terletak pada rentang usia 21-24 tahun sejumlah 68%, tempat tinggal di dominasi oleh konsumen yang berasal dari Kabupaten Kediri sebanyak 64%, serta pada kategori pekerjaan di dominasi oleh mahasiswa sebanyak 55% dari keseluruhan responden. Selanjutnya dilihat dari uji hipotesis, diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel fasilitas, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dine in Tell Kopi Kediri. Maknanya adalah jika terdapat peningkatan fasilitas, promosi, dan kualitas produk yang dilakukan oleh Tell Kopi, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Fasilitas yang dimaksud berkaitan dengan ketersediaan area indoor dan outdoor yang didukung dengan fasilitas meja dan kursi, pencahayaan yang baik, serta fasilitas berupa area parkir yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen Tell Kopi. Selanjutnya peningkatan promosi dapat dilakukan dengan meningkatkan periklanan, promosi penjualan, public relation, personal selling, dan direct/online marketing sehingga menyebabkan keputusan pembelia juga meningkat. Terakhir adalah berkaitan dengan kualitas produk yang dimiliki Tell Kopi dapat ditingkatkan baik dari segi kesegaran, penyajian, kematangan, dan variasi produk. Jika keseluruhan variabel fasilitas, promosi, dan kualitas produk dapat ditingkatkan maka hal tersebut akan sejalan dengan keputusan pembelian yang juga akan meningkat.

English Abstract

Starting from the presence of corona virus disease 19 which spread in Indonesian territory in March 2020, the government had to take action to minimize the spread of the covid 19 virus. This caused the government to take policies such as implementing PPKM. The existence of this policy has affected UMKM in the form of decreased product sales, decreased turnover, laid-off employees, and some have closed their businesses. Based on the National BPS survey in July and October 2020, the results showed that 84.20% and 67.77% of the business scale experienced a decrease in income, including Tell Kopi Kediri. The research objective was to describe the consumer purchasing decision dine in at Tell Kopi Kedri and analyze the effect of facilities, promotions, and product quality on the consumers purchasing decisions of dine in Tell Kopi Kediri. The research approach used is quantitative. The research was conducted at Tell Kopi Kediri with a sample size of 96 which was determined by the Lemeshow formula. Determination of the sample was carried out using a non-probability sampling approach with a purposive sampling method. The data analysis method is quantitative descriptive analysis and uses the SEM-PLS software, the WarPLS 7.0 approach. Research results on the characteristics of respondents are categorized into several groups, namely gender, age, place of residence, and occupation. The research respondents were dominated by women with a total of 68%, the dominance of age was in the age range of 21-24 years with a total of 68%, the place of residence was dominated by consumers from Kediri regency as much as 64%, and in the occupational category dominated by students as much as 55% of all respondents. Furthermore, seen from the hypothesis testing, it is known that H0 is rejected and H1 is accepted, thus indicating that there is a positive and significant influence between the variables of facilities, promotions, and product quality on consumer purchasing decisions dine in Tell Coffee Kediri. The meaning is that if there is an increase in facilities, promotions, and product quality made by Tell Kopi, then this will affect the increase in purchasing decisions made by consumers. The facilities referred to are related to the availability of indoor and outdoor areas which are supported by table and chair facilities, good lighting, as well as facilities in the form of a parking area that can be utilized by Tell Kopi consumers. Furthermore, increasing promotion can be done by increasing advertising, sales promotion, public relations, personal selling, and direct/online marketing so that the purchase decision also increases. The last is related to the quality of the products owned by Tell Kopi which can be improved both in terms of freshness, presentation, maturity, and product variety. If the overall variables of facilities, promotions and product quality can be increased then this will be in line with purchasing decisions which will also increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:34
Last Modified: 15 Jan 2024 08:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210433
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Siwi Anggraini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item