Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Pada SMA Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah)

Agustina,, Talitha and Dr. Imam Hanafi,, S.Sos., M.Si and Ali Maskur,, S.AP., M.AP., MA (2023) Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Pada SMA Negeri 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat dan juga negara dapat menyediakan sumber daya manusia yang di perlukan suatu perkembangan bangsa. Sekolah memiliki wewenang untuk dapat mengelola sendiri sumber daya manusia yang dimiliki. Sumber daya tersebut yaitu tenaga pendidik (guru), staff, peserta didik (murid), sarana dan prasarana dana dan lain-lain. Untuk itulah diperlukan pengelolaan sumber daya pendidikan yang terintegrasi, strategis dan juga berkaitan. Faktor penentu dari proses pendidikan yang berkualitas dan bermutu tidak lepas dari peranan pemimpin sekolah yaitu kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam mengatur, mengelola, dan mempengaruhi orang lain atau sekelompok orang yang terlibat dalam pendidikan untuk dapat bekerja sama dalam mecapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SMAN 1 Sampit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga fokus utama yaitu, peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru, strategi kebijakan kinerja dalam upaya meningkatakan kinerja guru, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Sampit sedangkan situs penelitian berada di SMAN 1 Sampit. Sumber data primer penelitian ini di peroleh dengan melakukan kegiatan wawancara yang berasal dari beberapa informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Tekinik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian Peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru terdapat 3 komponen : 1) kepala sekolah sebagai educator, 2.) kepala sekolah sebagai manajerial, 3.) kepala sekolah sebagai administrator, 4.) kepala sekolah sebagai supervisor, 5.) kepala sekolah sebagai innovator. Strategi kebijakan kinerja di SMAN 1 Sampit melalui pembinaan secara lebih teratur, pemotivasian semangat guru dalam mengajar. Faktor pendukung yang bersifat dari dalam yaitu semangat etos kerja dan faktor pengahambat yaitu intelektual dalam pemahaman kurikulum.

English Abstract

School is one of the educational institutions that is trusted by the community and also the state to provide the human resources needed by a nation's development. Schools have the authority to be able to manage their own human resources. These resources are teaching staff (teachers), staff, students (students), funding facilities and infrastructure and others. For this reason, it is necessary to manage educational resources that are integrated, strategic and also related. The determining factor of a quality and quality education process cannot be separated from the role of the school leader, namely the school principal. The principal has the responsibility of organizing, managing, and influencing other people or groups of people involved in education to be able to work together in achieving certain goals. The purpose of this study was to find out how to optimize the role of the principal in efforts to improve teacher performance at SMAN 1 Sampit. This study uses a qualitative approach with three main focuses, namely, optimizing the role of the school principal in an effort to improve teacher performance, performance policy strategies in an effort to improve teacher performance, supporting factors and inhibiting factors in an effort to improve teacher performance. This research uses a descriptive research type with a qualitative approach which is located in Sampit while the research site is in Sampit 1 Public High School. The primary data source for this research was obtained by conducting interviews from several relevant informants, while secondary data was obtained from documents related to the research topic. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as interview guides and other tools. The results of the study Optimizing the role of the principal in an effort to improve teacher performance have 3 components: 1) the principal as an educator, 2.) the principal as a managerial, 3.) the principal as an administrator, 4) the principal as a supervisor, 5.) the principal school as an innovator. The performance policy strategy at SMAN 1 Sampit is through coaching on a more regular basis, motivating teachers' enthusiasm for teaching. Supporting factors that are internal, namely the spirit of work ethic and inhibiting factors, namely intellectual in understanding the curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Upaya Meningkatkan,Kinerja GurU-Principal's Role, Efforts to Improve, Teacher Performance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:50
Last Modified: 15 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210372
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TALITHA AGUSTINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item