Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik (Studi pada PKPPS Al-Muflihun Kota Malang)

Zaviera, Reyza Dyah (2023) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik (Studi pada PKPPS Al-Muflihun Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya peran yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam pengelolaan prestasi yang baik agar prestasi tersebut dapat berkembang dan meningkat, namun peran-peran tersebut tidak semuanya bisa dilakukan karena terkendala minimnya sumber daya hingga sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik serta menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi peserta didik di PKPPS Al-Muflihun Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang berlokasikan di PKPPS Al-Muflihun Kota Malang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di PKPPS Al-Muflihun dapat dilihat dari tujuh peran, yaitu: (1) Kepala Sekolah sebagai Edukator melalui pemberian pelatihan kepada guru terkait peningkatan prestasi siswa serta mengikutkan siswa dalam kegiatan literasi. (2) Kepala Sekolah sebagai Manajer melalui asesmen diagnostik untuk persiapan prestasi siswa. (3) Kepala Sekolah sebagai Administrator melalui pengelolaan kepegawaian. (4) Kepala Sekolah sebagai Pemimpin melalui mengajak diskusi, memberikan kepada guru mentoring dari luar agar mendapat masukan masukan dari luar. (5) Kepala Sekolah sebagai Inovator melalui program khusus untuk peningkatan prestasi siswa yaitu adanya KBK (Kelas Belajar Khusus). (6) Kepala Sekolah sebagai Motivator melalui portofolio diri yang dibutuhkan nanti untuk memasuki jenjang Pendidikan selanjutnya. Serta (7) Kepala Sekolah sebagai Supervisor melalui melakukan pengawasan dan peningkatan kinerja, melakukan PKG yaitu penilaian Kinerja guru pada semester 2 / akhir tahun serta melakukan penilain kinerja manajerial yaitu wakil kepala sekolah dan staf. Kemudian Faktor Pendukung yaitu faktor eksternal berasal dari orang tua dan temannya, Terakhir, Faktor Penghambat yaitu faktor eksternal karena padatnya kegiatan di pondok, serta malas.

English Abstract

This research is motivated because of the many roles that must be carried out by the principal in good management of achievements so that these achievements can develop and increase, but not all of these roles can be done because of the lack of resources to facilities and infrastructure. This research aims to analyze and prescribe how the principal's role is in improving the achievements of students and analyzing and prescribing supporting and inhibiting factors in improving the achievements of students at PKPPS Al-Muflihun Malang City. This study uses a type of case study research with a qualitative approach that has been allocated to the PKPPS Al-Muflihun Malang City. The data sources used are primary and secondary data sources. Whereas data collection techniques through interviews, documentation, and observations. The results showed that the role of the principal in improving the achievements of students at PKPPS Al-Muflihun can be seen from seven roles, namely: (1) The Principal as an Educator through providing training to teachers on improving student achievement and following students in literacy activities. (2) Principal as Manager through diagnostic assessment for student achievement preparation. (3) Principal as Administrator through staffing management. (4) The Principal as a Leader through inviting discussion, gives the teacher mentoring from outside to get input from outside. (5) The Principal as an Innovator through a special program for dignifying student achievements, namely the existence of a KBK (Special Learning Class). (6) The Principal as a Motivator through the self-portfolio needed later to enter the next Education. As well as (7) the Principal as a Supervisor through conducting supervision and performance improvement, conducts the PKG namely the teacher Performance assessment in semester 2 / end of the year and do managerial performance design, namely vice-principal and staff. Then the Supporting Factor, which is an external factor, comes from parents and friends, parental support, and a pleasant school environment, making students feel happy and the sense of continuing learning is increasing.. Finally, the Inhibiting Factor is an external factor due to the dense activity at the lodge & lazy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030006
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Prestasi Peserta Didik, Pendidikan Kesetaraan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: agung
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:31
Last Modified: 15 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210154
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reyza Dyah Zaviera.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item