Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Relasi Konten dan Konteks Pada PPDB Kota Surabaya

Firmansyah, Moch. Dio and Dr. Sarwono,, M. SI and Abd. Qadir Muslim,, S.Pd.I., M.Pd (2023) Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Relasi Konten dan Konteks Pada PPDB Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi kebijakan pendidikan merupakan kegiatan untuk melaksanakan program atau kebijakan dalam bidang pendidikan yang telah diformulasikan sebelumnya oleh aktor-aktor tertentu, kebijakan hanya akan sia-sia jika tidak diimplementasikan. Implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi merupakan kebijakan PPDB yang mewajibkan sekolah menerima calon peserta didik baru berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah sebagaimana yang diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB. Pada penyelenggaraannya, sistem zonasi mengalami beberapa kendala diantaranya, sulit untuk mengubah paradigma masyarakat akan sekolah favorit. Selain itu, PPDB sistem zonasi dilaksanakan secara daring melalui situs web cukup menyulitkan sebagian masyarakat dalam melakukan penitikkan alamat rumah ke sekolah. Permasalahan sistem zonasi di Kota Surabaya tersebut dianalisis menggunakan teori dari Grindle yaitu, keberhasilan implementasi kebijakan ditentukan oleh Konten (isi) kebijakan dan Konteks (lingkungan) kebijakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang di dalamnya terdapat tiga fokus penelitian menggunakan teori dari Grindle (2017) yaitu: (1) Relasi Konten dan Konteks Kebijakan Sistem Zonasi; (2) Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada PPDB SMP di Kota Surabaya; (3) Tantangan yang akan dihadapi kedepannya dalam Kebijakan Sistem Zonasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data oleh Miles, Hubberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPDB Kota Surabaya berdasarkan Perwali Nomor 37 Tahun 2022 yang merupakan Peraturan Turunan dari Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Implementasi PPDB SMP Kota Surabaya sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Grindle (2017). Namun terdapat hal-hal yang menjadi tantangan yang akan dihadapi Dinas Pendidikan Kota Surabaya kedepannya, yaitu pembaharuan sistem dalam situs PPDB, optimalisasi komponen pendidikan dan pengembangan potensi siswa.

English Abstract

Implementation of education policy is an activity to implement programmes or policies in the field of education that have been formulated previously by certain actors, policies will only be useless if they are not implemented. The implementation of the zoning system new student admission policy is a PPDB policy that requires schools to accept new prospective students who live in the closest zone radius from the school as stipulated in Permendikbud Number 1 of 2021 concerning PPDB. In its implementation, the zoning system experienced several obstacles, including the difficulty of changing the community paradigm of favourite schools. In addition, the zoning system PPDB is implemented online through a website, making it difficult for some people to pinpoint their home address to the school. The problems of the zoning system in Surabaya City were analysed using Grindle's theory, namely, the success of policy implementation is determined by policy content and policy context. The type of research used by researchers is a descriptive method with a qualitative approach in which there are three research focuses using the theory of Grindle (2017), namely: (1) Relation between Content and Context of Zoning System Policy; (2) Implementation of Zoning System Policy on PPDB SMP in Surabaya City; (3) Challenges that will be faced in the future in the Zoning System Policy. This research uses the data analysis method by Miles, Hubberman and Saldana (2014). The results showed that the implementation of PPDB in Surabaya City is based on Perwali Number 37 of 2022 which is a derivative regulation of Permendikbud Number 1 of 2021. The implementation of Surabaya City Junior High School PPDB is in accordance with the theory proposed by Grindle (2017). However, there are things that are challenges that will be faced by the Surabaya City Education Office in the future, namely updating the system on the PPDB website, optimising educational components and developing student potential.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030617
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sistem Zonasi, Relasi, Tantangan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:23
Last Modified: 16 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210070
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moch Dio Firmansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item