Hubungan Rasio Lingkar Pinggang dan Pinggul dengan Rasio Lemak Android Gynoid dari Pemeriksaan Dual-Energy X-Ray Absorptiometry (DXA)

Qur‘ani, Qonita and dr. Hanif, M.Biomed,, Sp.An, and dr. Dini Rachma Erawati,, Sp.Rad(K), (2023) Hubungan Rasio Lingkar Pinggang dan Pinggul dengan Rasio Lemak Android Gynoid dari Pemeriksaan Dual-Energy X-Ray Absorptiometry (DXA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rasio lingkar pinggang dan pinggul (RLPP) dikenal sebagai metode pengukuran yang cepat dan mudah untuk menjadi ukuran umum dalam menunjukkan kadar lemak perut seseorang. RLPP diketahui berkorelasi dengan rasio lemak android gynoid (rasio A/G), di mana rasio A/G berhubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik. Berdasarkan kondisi tersebut, hubungan keduanya dapat dipertimbangkan sebagai ukuran dalam memperkirakan penyakit metabolik, sehingga dapat ditemukan metode alternatif yang mudah untuk mengevaluasi risiko terjadinya sindrom metabolik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara rasio lingkar pinggang dan pinggul dengan rasio lemak android gynoid dari pemeriksaan dual-energy X-ray absorptiometry (DXA). Penelitian ini berjenis observasional analitik dengan metode pendekatan cross sectional dilakukan pada 25 subjek penelitian yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat “Deteksi Dini Perlemakan Hati dan Visceral Hindari Sindroma Metabolik Lebih Awal” di Instalasi Radiologi RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang pada bulan September 2022. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapatkan langsung dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan DXA. Data hasil penelitian yang dianalisis dengan metode korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara RLPP dengan rasio A/G (p<0.001) dan kedua variabel tersebut memiliki arah hubungan yang positif dengan nilai pearson correlation sebesar 0,742 (korelasi bersifat kuat). Kesimpulan dari penelitian ini adalah rasio lingkar pinggang dan pinggul berkolerasi positif dengan rasio lemak android gynoid. Hal ini menandakan bahwa RLPP yang tinggi diikuti dengan nilai rasio A/G yang tinggi, sedangkan RLPP rendah akan diikuti dengan penurunan nilai rasio A/G.

English Abstract

Waist-to-hip ratio (WHR) has been known to present an instant and approachable method to determine the abdominal lipid composition in an individual. Other than that, WHR has been known to correlate with the android gynoid fat ratio (A/G ratio), which is associated with cardiometabolic disease risk. Based on these conditions, the connection between the two can be considered as a method of estimating metabolic disease so that an easy alternative can be found to evaluate the occurrence of metabolic syndrome. Thus, this research was conducted with the aim of determining the association between WHR and A/G ratio using the dual-energy X-ray absorptiometry (DXA) method. This analytic observational study was conducted as a cross-sectional study, done in 25 subjects that attended "Deteksi Dini Perlemakan Hati dan Visceral Hindari Sindroma Metabolik Lebih Awal" event in Radiology Department, RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang on September 2022. The data used are primary data obtained directly from the physical and DXA examinations. The research data were analyzed using the Pearson correlation method and showed a significant effect between WHR and A/G ratio (p<0.001) with a Pearson score of 0,742 (strongly positive correlation). The conclusion of this study is that the WHR is positively correlated with the A/G ratio. This indicates that a high WHR is followed by a high value of the A/G ratio, while a low WHR is followed by a decrease in the value of the A/G ratio.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 042306
Uncontrolled Keywords: rasio lingkar pinggang dan pinggul, rasio lemak android gynoid, DXA, sindrom metabolik, lemak perut, waist-to-hip ratio, android gynoid fat ratio, DXA, metabolic syndrome, abdominal lipid
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Unnamed user with username ihwan
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:46
Last Modified: 15 Jan 2024 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209947
[thumbnail of MASIH DALAM MASA EMBARGO] Text (MASIH DALAM MASA EMBARGO)
QONITA QUR'ANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item