Dampak Kelebihan Kapasitas Terhadap Pemenuhan Hak Mendapatkan Perawatan Dan Pengajaran Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang)

Kurniasari, Tatar Yerenia Rahma and Dr, Prija Djatmika,, S.H., M.H and Eny Harjati,, S.H., M.Hum (2021) Dampak Kelebihan Kapasitas Terhadap Pemenuhan Hak Mendapatkan Perawatan Dan Pengajaran Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang), Dr. Prija Djatmika, S.H., M.Si, Eny Harjati, S.H., M.Hum. Penulis skripsi ini mengangkat permasalahan pada Lembaga Pemasyarakatan Klas` I Malang (LAPAS) yang mengalami kelebihan kapasitas yang berdampak terhadap pemenuhan hak narapidana untuk mendapatkan perawatan dan pengajaran narapidana. Pada permasalahan kali ini penulis melakukan studi di LAPAS I Malang Jl. Asahan, Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Pada 10 Oktober 2021 sesuai data terakhir jumlah penghuni Per-Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Kantor Wilayah (KANWIL) Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang mengalami kelebihan kapasitas sebesar 157 dengan jumlah 3.292 narapidana, yang semestinya kapasitas pada Lembaga Pemasyarakatan adalah 1.282 penghuni. Lembaga Pemasyarakatan yang mengalami kelebihan kapasitas akan mengalami banyak permasalahan yang timbul salah satunya adalah tidak terpenuhinya hak-hak para narapidana. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1)Dampak-dampak apakah yang menjadi penyebab terjadinya kelebihan kapasitas yang berdampak di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang (2)Apakah Narapidana pada Lembaga Pemasyaraktan Klas I Malang telah mendapatkan hak pendidikan dan pengajaran narapidana yang sesuai dalam �pasal 14 UU NO 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan.� Metode Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian yuridis empiris dimana penelitian hukum empiris ini merupakan suatu penelitian yang menggunakan suatu swal data yaitu data sekunder untuk mengkaji dan membahas kondisi yang sesuai dengan fakta di lapangan. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah suatu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk menemukan fakta (fact- finding) kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah (problem-finding) 1 yang kemudian di identifikasi(problem-identification) selanjutnya dilanjut dengan penelitian dalam mengatasi masalah (problem-solution). 2

English Abstract

Penulis skripsi ini mengangkat permasalahan pada Lembaga Pemasyarakatan Klas` I Malang (LAPAS) yang mengalami kelebihan kapasitas yang berdampak terhadap pemenuhan hak narapidana untuk mendapatkan perawatan dan pengajaran narapidana. Pada permasalahan kali ini penulis melakukan studi di LAPAS I Malang Jl. Asahan, Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Pada 10 Oktober 2021 sesuai data terakhir jumlah penghuni Per-Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Kantor Wilayah (KANWIL) Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang mengalami kelebihan kapasitas sebesar 157% dengan jumlah 3.292 narapidana, yang semestinya kapasitas pada Lembaga Pemasyarakatan adalah 1.282 penghuni. Lembaga Pemasyarakatan yang mengalami kelebihan kapasitas akan mengalami banyak permasalahan yang timbul salah satunya adalah tidak terpenuhinya hak-hak para narapidana. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1)Dampak-dampak apakah yang menjadi penyebab terjadinya kelebihan kapasitas yang berdampak di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang (2)Apakah Narapidana pada Lembaga Pemasyaraktan Klas I Malang telah mendapatkan hak pendidikan dan pengajaran narapidana yang sesuai dalam “pasal 14 UU NO 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan.” Metode Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian yuridis empiris dimana penelitian hukum empiris ini merupakan suatu penelitian yang menggunakan suatu swal data yaitu data sekunder untuk mengkaji dan membahas kondisi yang sesuai dengan fakta di lapangan. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah suatu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk menemukan fakta (factfinding) kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah (problem-finding) yang kemudian di identifikasi(problem-identification) selanjutnya dilanjut dengan penelitian dalam mengatasi masalah (problem-solution).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pitoyo Widhi Atmoko
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:23
Last Modified: 17 Jan 2024 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209883
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
209883 Tatar Yerenia Rahma Kurniasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item