Pengembangan Minuman Yoghurt dengan Penambahan Tanaman Herbal Secang, Kayu Manis, dan Jahe Terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik

Rahardjo, Daniel Andrew and Jaya Mahar Maligan, STP, MP and Ella Saparianti, STP, MP (2023) Pengembangan Minuman Yoghurt dengan Penambahan Tanaman Herbal Secang, Kayu Manis, dan Jahe Terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Yoghurt adalah produk yang diperoleh dari fermentasi susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus atau bakteri asam laktat yang lain. Yoghurt memiliki banyak efek kesehatan terhadap sistem pencernaan dan menjaga kesetimbangan mikrobiota dalam usus. Produk yoghurt sudah sangat mudah ditemukan di pasar modern dan minimarket dengan berbagai macam perisa buah – buahan. Namun, belum ditemukan produk yoghurt dengan penambahan ekstrak tanaman herbal, sedangkan tanaman herbal memiliki banyak kandungan bioaktif yang memiliki khasiat kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penambahan herbal dan penambahan gula terhadap yoghurt sifat fisikokimia yoghurt yang dihasilkan. Selain itu, penelitian dilakukan untuk melihat penerimaan masyarakat terhadap yoghurt herbal yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah uji tersarang dengan 2 faktor, yaitu jenis herbal (secang, kayu manis, dan jahe) sebagai sarang dan konsentrasi penambahan gula (10% b/v dan 20 b/v susu) sebagai faktor tersarang. Berdasarkan hasil pengujian, penambahan herbal memberikan pengaruh terhadap yoghurt. Berdasarkan uji organoleptik dan uji perlakuan terbaik, yoghurt dengan penambahan kayu manis dengan konsentrasi gula 20% paling disukai oleh panelis. Selain itu, yoghurt kayu manis gula 20% juga meningkatkan antioksidan terlihat dari nilai IC50 yoghurt plain sebesar 1225,60 ± 119,99 μg/ml, sedangkan sampel yoghurt yang ditambahkan ekstrak kayu manis menunjukkan nilai IC50 sebesar 203,78 ± 21,08 μg/ml. Berdasarkan sifat fisiko kimia, penambahan ekstrak herbal kedalam yoghurt menyebabkan penurunan total bakteri asam laktat, menurunkan total asam, meningkatkan nilai pH dan menurunkan viskositas seluruh sampel yoghurt herbal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Yoghurt, Ekstrak Herbal, Kayu Secang, Kayu Manis, Jahe, Kesukaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:18
Last Modified: 15 Jan 2024 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/209825
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daniel Andrew Rahardjo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item